Beranda ยป Daerah ยป Launching Senam Persakmi, Prof Ridwan Amiruddin: Musik dan Gerakan Ciri Khas Sulsel
Launching Senam Persakmi, Prof Ridwan Amiruddin: Musik dan Gerakan Ciri Khas Sulsel
Launching Senam Persakmi. (Foto: Dok)
Daerah Event

Launching Senam Persakmi, Prof Ridwan Amiruddin: Musik dan Gerakan Ciri Khas Sulsel

PINRANG – Ketua Umum Pengurus Pusat Persakmi, Prof Dr Ridwan Amiruddin secara resmi melaunching Senam Persakmi di Pinrang, Sulsel, Minggu (21/10/2018).

“Senam Persakmi tercipta atas gagasan dari Pengurus Persakmi Sulsel sebagai dukungan kegiatan pengembangan kesehatan olahraga serta mendukung program nasional Germas,” kata Prof Dr Ridwan Amiruddin.

Pembuatan senam tersebut, kata dia, dipercayakan kepada Pengurus Cabang Luwu Utara untuk dibuat agar segera diterbitkan dan diakui secara nasional.

“Dalam waktu setahun tepatnya pada Munas di Bandung beberapa waktu yang lalu, soft launching senam Persakmi dilaksanakan,” jelasnya.

Beberapa kritikan dan masukan menjadi dasar untuk perbaikan teknik gerak senam ini. Gerakan dasar dari senam ini, berdasarkan beberapa gerakan khas dari Sulsel seperti ‘Tabe dan Mendayung’.

“Musiknya pun disesuaikan dengan etnis Sulawesi Selatan agar tergambar ciri khas. Bahwa, senam persakmi ini dibuat oleh pengurus daerah persakmi sulawesi selatan,” terangnya.

Proses pengambilan gambar dan pengeditan telah dilakukan demi kepentingan proses pembuatan CD untuk disebarluaskan ke seluruh Persakmi se Indonesia. Bahkan masyarakat Indonesia.

“Peraga sekaligus pencipta gerak oleh Ajmal Akbar, lulusan FKM UH angkatan 2001 ditemani peraga lainnya dengan basic pendidikan kesehatan yakni Titin Yuanri, SKM dan Windy Puspitasari, S.Tr. ke semuanya berasal dari daerah yang sama, Luwu Utara,” jelasnya lagi.

Dimintai tanggapan, Ketua Persakmi Sulsel yang baru saja terpilih kembali dan dilantik untuk periode 2018-2022, Prof. Sukri Palutturi sangat mengapresiasi dengan adanya senam ini.

“Kami berharap, bahwa Senam Persakmi dapat dimainkan pada event-event nasional seperti Hari Kesehatan Nasional maupun acara lainnya. [*/agays]