Liverpool 3-2 West Ham, The Reds Makin Kokoh Laga ke-27 Liga Inggris

0
43

BOLA – Liverpool menjamu West Ham United di Anfield Stadium, pada Selasa (25/2/2020) dini hari. Liverpool pun berhasil meraih kemenangan kontra West Ham dengan skor 3-2 pada laga ke-27 Liga Inggris.

Dengan hasil ini, Liverpool semakin kokoh di pucuk klasemen sementara Liga Inggris 2019-2020. Liverpool berhasil mengoleksi 79 poin dari 27 penampilannya di Liga Inggris musim ini.

Pada babak pertama, Liverpool langsung menekan pertahanan West Ham di menit-menit awal laga ini.

Liverpool nyaris membuka keunggulan melalui peluang yang didapat Sadio Mane. Namun kans Mane yang memanfaatkan kesalahan Lukasz Fabianski belum menghasilkan gol.

The Reds berhasil membuka keunggulan mereka atas West Ham di menit ke-9. Georginio Wijnaldum mencatatkan namanya di papan skor, usai sundulannya memanfaatkan umpan silang Trent Alexander-Arnold meluncur deras ke dalam gawang West Ham.

Namun, keunggulan Liverpool hanya bertahan 2 menit saja, sebab Issa Diop berhasil mencetak gol ke gawang Alisson Becker.

Issa Diop memaksimalkan sepak pojok Robert Snodgrass, ia lalu menyambutnya dengan sundulan yang tak bisa diamankan dengan baik oleh Alisson.

Gol penyeimbang dari West Ham itu semakin melecut para pemain Liverpool untuk terus bermain menyerang.

Alhasil, Liverpool hampir saja kembali unggul atas tamunya, jika sepakan melengkung yang dilepaskan Mohamed Salah tak ditepis oleh Fabianski.

Pada menit ke-30, Liverpool kembali mendapatkan peluang untuk bisa unggul atas West Ham. Kali ini giliran Alexander-Arnold yang hampir mencetak gol.

Namun sepakan fullback Timnas Inggris itu masih menyamping di sisi kanan gawang Fabianski.

Di pengujung babak pertama, West Ham Hampir berbalik unggul atas Liverpool. Namun peluang West Ham via aksi Felipe Anderson masih bisa dihentikan barisan belakang Liverpool. Kedudukan 1-1 pun masih menghiasi papan skor laga Liverpool kontra West Ham.

Di babak Kedua Liverpool yang butuh kemenangan untuk bisa mendekatkan peluang mereka menjuarai Liga Inggris 20190-2020.

Liverpool tetap melancarkan gaya bermain menyerang di babak kedua laga kontra West Ham.

Namun rapatnya pertahanan West Ham membuat peluang mereka gagal jadi gol.

Menit ke-54, West Ham berhasil berbalik unggul atas Liverpool melalui gol yang dicetak oleh Pablo Fornals.

Dengan memaksimalkan umpan silang dari Declan Rice, Fornals kemudian melepaskan sepakan setengah voli yang tak bisa diamankan oleh Alisson.

Tersentak dengan gol Fornals, Liverpool kian gencar menekan West Ham. Alhasil, sebuah peluang didapat Liverpool untuk bisa menyeimbangkan kedudukan via sundulan Salah. Tapi bola hasil sundulan Salah masih belum tepat sasaran.

Tak lama, Liverpool kembali mendapatkan peluang untuk bisa menyamakan kedudukan. Melihat ada celah di pertahanan West Ham, Roberto Firmino, lalu melepaskan tembakan. Namun sepakan Firmino masih berhasil ditepis oleh Fabianski.

Namun, Liverpool akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-69 melalui sepakan Salah. Winger Timnas Mesir itu berhasil meneruskan umpan dari Andrew Robertson dengan tembakannya, yang gagal diantisipasi dengan baik oleh Fabianski.

Pada saat laga menyisahkan 9 menit lagi, Liverpool berhasil berbalik unggul atas West Ham melalui gol yang dicetak oleh Sadio Mane. Meneruskan umpan dari Alexander-Arnold, Mane lalu melepaskan sepakan first time yang meluncur ke dalam gawang West Ham.

Liverpool sejatinya berhasil mencetak gol keempat mereka ke gawang West Ham melalui aksi dari Mane di menit ke-85. Namun gol tersebut harus dianulir wasit, lantaran Mane sudah lebih dahulu berada di posisi offside.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Kubu tuan rumah, Liverpool, berhasil menyudahi pertandingan melawan tamunya, West Ham, dengan kemenangan 3-2.

Susunan Pemain:

Liverpool (4-3-3) Pelatih: Jurgen Klopp

Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Naby Keita (Alex Oxlade-Chamberlain 58’), Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane (Joel Matip 90’).

West Ham United (4-1-4-1) Pelatih: David Moyes

Lukasz Fabianski; Jeremy Ngakia, Issa Diop, Angelo Ogbonna, Aaron Cresswell; Declan Rice; Robert Snodgrass (Jarrod Bowen 84’), Tomas Soucek (Pablo Fornals 49), Mark Noble; Felipe Anderson (Sebastien Haller 65’); Michail Antonio. (*)