Beranda » Makassar » LPM Peduli Bagi-bagi Masker Kepada Warga Terdampak Asap TPA Tamangapa
LPM Peduli Bagi-bagi Masker Kepada Warga Terdampak Asap TPA Tamangapa
Makassar

LPM Peduli Bagi-bagi Masker Kepada Warga Terdampak Asap TPA Tamangapa

MAKASSAR, Sejumlah ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan se kota Makassar, yang menamakan dirinya LPM Peduli, bergerak cepat turun lapangan dengan membagikan ratusan masker kepada warga yang terkena dampak asap kebakaran TPA Tamangapa, khususnya yang berada di kelurahan Biring Romang dan Bangkala, Senin (16/9).

Sejumlah tempat yang didatangi tim LPM Peduli untuk dibagikan masker antara lain, SDN. Borong Jambu, I, II dan III dikelurahan Biring Romang serta SMPN 19 dan SDI Bangkala III di kelurahan Bangkala, kecamatan Manggala, kota Makassar.

Selain membagi-bagi kan masker, Rombongan yang terdiri dari Ketua LPM kelurahan Baru, kecamatan Ujung Pandang, Yacop, kelurahan Tamarunang, kecamatan Mariso, Abd. Nasir Erang, kelurahan manuruki, kecamatan Tamalate, Muh. Ishak Makkaranu, kelurahan Parang Tambung, Bachtiar Adnan Kusuma, kelurahan Bangkala, H. Haris dan kelurahan Biring Romang, Ambang Ardi Yunisworo, juga menyempatkan diri mengunjungi lokasi TPA Tamangapa yang terbakar.

Menurut Ketua LPM kelurahan Baru, Yacop, apa yang mereka lakukan itu selain aksi spontanitas dari bebrapa ketua LPM kelurahan yang ada di kota Makassar, selain sebagai rasa simpati terhadap warga yang terkena musibah asap, diharapkan apa yang dilakukannya tersebut juga mampu menginspirasi pihak lain untuk dapat melakukan hal yang sama.

“Ini memang aksi spontanitas dari beberapa teman, jadi dari hasil patungan itu yang kamialokasikan untuk membantu warga terdampak, dan ini merupakan rasa simpati kami kepada mereka, selain itu kami juga berharap apa yang kami lakukan ini, dapat menginspirasi pihak lain, untuk melakukan hal yang sama,” terang Yacop.

Kepala Sekolah SMPN 19 Makassar, Muh. Kasim, S.Pd, kepada mediasulsel.com usai menerima bantuan dari rombongan ketua LPM yang mengunjungi sekolahnya, menyatakan sangat mengapresiasi gerak cepat para ketua LPM se kota Makassar, yang langsung turun ke lokasi untuk membantu siswa-siswi yang ada di seputar TPA Tamangapa, sebagai bentuk keikutsertaannya menyelamatkan generasi bangsa.

“Kegiatan seperti ini patut diapresiasi dan patut menjadi inspirasi bagi kelompok lain, karena LPM se Kota Makassar bisa bergerak cepat, bahkan info yang say terima mereka patungan untuk pengadaan masker ini. Terlebih kondisi hari ini masker menjadi kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh warga, apalagi sasaran penyerahannya ke anak-anak sekolah, ini menunjukan LPM begitu peduli pada keselamatan dan kesehatan generasi bangsa, ungkap Kasim panjang lebar.

Sementara itu ketua FKLPM kecamatan Manggala, Andi Pasamangi Wawo, yang menerima rombongan LPM Peduli di kediamannya usai pembagian bantuan, mengaku sangat terharu dengan kepedulian yang ditunjukkan oleh ketua-ketua LPM yang tergabung dalam LPM Peduli, yang dengan cepat bersedia langsung hadir ke Manggala untuk membantu sesuai kebutuhan yang diperlukan.

“Sebagai tokoh masyarakat di kecamatan Manggala, saya tidak bisa sembunyikan rasa haru saya, dengan gerak cepat yang ditunjukkan teman-teman para ketua LPM yang terlibat, aksi kepedulian sosial seperti ini perlu digelorakan, sehingga dengan demikian masyarakat akan segera terbantukan kebutuhan utamanya dalam menghadapi sebuah musibah,” tegas Pasamangi. (464Ys)