Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi Angkatan 2018 Unhas Gelar Event Berskala Nasional
Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi Angkatan 2018 Universitas Hasanuddin (UNHAS) menggelar event berskala nasional, yang bertajuk Marketing 101: Get Yourself Ready Into The Full Digital Era. Event ini dilaksanakan pada tanggal 12-13 Juni 2021 melalui aplikasi Virtual Zoom.

MAKASSAR—Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi Angkatan 2018 Universitas Hasanuddin (UNHAS) menggelar event berskala nasional, yang bertajuk Marketing 101: Get Yourself Ready Into The Full Digital Era. Event ini dilaksanakan pada tanggal 12-13 Juni 2021 melalui aplikasi Virtual Zoom.

Marketing 101 merupakan Event Webinar yang berbentuk bootcamp dengan mengangkat tema besar “Digital Marketing”. Adapun materi yang akan dibahas bersama pada Marketing 101: Get Yourself ready Into The Full Digital Era adalah Introduction to Digital Marketing Channel, Corporate VS Startup, Going Deep Into SEO World dan terakhir How To Being Creative With Your Content.

Keempat materi tersebut nantinya akan dibawakan oleh pemateri-pemateri muda yang ahli di bidang marketing dan berasal dari perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia.

Kegiatan hari pertama yang dihelat Sabtu (12/6/2021) dimulai pada pukul 10.30 WIB secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, dan dibuka oleh oleh Sartika Sari Wardanhi S.Sos., M.I.Kom selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Event Management II.

Digital Marketing Specialist at Gojek, Maulidatuz Zahroo selaku pemateri pertama dengan topik Introduction to Digital Marketing Channel, dengan mengusung tema tentang digital marketing mengatakan, bahwa dalam digital marketing terdapat dua jenis channel yaitu Paid Channel dan Organic Channel. Jenis-jenis Paid Channel seperti Search Engine Marketing, Social Media Paid, Display ads serta Organic Channel seperti SEO, Email Marketing dan Social Media Organic.

“Setiap jenis metode digital marketing harus disesuaikan dengan tujuan, target audience, biaya dan waktu lamanya, karena setiap media memiliki jangka waktu tertentu untuk mencapai tujuan marketing yang diinginkan. Penggunaan media digital marketing juga disesuaikan dengan budget dan target audiens spesifik yang diinginkan,” jelas Maulidatuz.

Materi lain juga disampaikan Head of Digital Marketing Communication at PT Bank Central Asia, Rendy Alimudin dan Organic Marketing Lead at Pluang, Kent Nathaniel selaku pembicara kedua.

Usai pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan interaksi singkat bersama sponsorship serta bermain games bersama peserta secara virtual. Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah partisipan umum mulai dari mahasiswa, pelajar, pekerja dan lainnya, baik dari wilayah Makassar maupun Luar Makassar. (*/464Ys)