Mahasiswa KPI UINAM memanfaatkan fitur Classroom Google
Mahasiswa KPI UINAM memanfaatkan fitur Classroom Google, belajar mata kuliah kreatifitas menulis di kelas dan melalui daring. (foto: yahya)

GOWA – Mahasiswa KPI UINAM belajar mata kuliah kreatifitas menulis di kelas dan melalui daring pada Rabu 11 Maret 2020.

Proses pembelajaran selain dengan tatap muka juga menggunakan sistem daring dengan memanfaatkan fitur Classroom Google.

Melalui pola pembelajaran ini, dosen pengampuh mata kuliah, Dr Muh Yahya Mustafa MSi dan asisten dosennya Ila Nurul Falah menjelaskan teori yang digunakan dalam menulis.

Setelah belajar tentang teori menulis, mahasiswa akan diarahkan untuk mengaplikasikan teori tersebut pada tugas praktek.

Pola belajar yang dipilih adalah 60% di lapangan, 40% di ruang kelas, dan sisanya di lakukan dengan memanfaatkan fitur Classroom Google agar para mahasiswa tidak melulu hanya belajar dikelas.

Diharapkan para mahasiswa mengetahui, memahami dan terampil dalam menghasilkan karya tulis dalam bentuk opini, artikel populer dan feature, kolom , profil, resensi (buku, film dan musik).

Selain itu, pembelajaran dikelas juga meliputi dasar-dasar penulisan biografi dan autobiografi. Keterampilan yg didapatkan diharapkan bisa menghasilkan karya dan dipublikasikan di media massa.

“Pembelajaran berupa teori tersebut dapat menjadi modal kelak bagi mahasiswa ketika kami menjadi penulis biografi, naskah opini dan tulisan ilmiah lainnya”

“Selain itu dapat menjadi modal untuk bekerja di media massa dan cetak sebagai editor dan pekerjaan lainnya,” tutur Dosen berkacamata tersebut.

“Mata kuliah ini sangat menarik, karena sebelum mahasiswa memulai pembelajaran mahasiswa diwajibkan untuk membaca bahan materi yg sudah diberikan sebelum.”

“Dengan begitu mahasiswa memiliki referensi bahan bacaan dan bisa memahami materi dengan baik,” jelas Asmirah, mahasiswa KPI UINAM. (lisa/ila/cr/shar)