MAKASSAR, Mahasiswa Jurusan Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, melaksanakan kegiatan penyegaran bagi kader Posyandu kelurahan Pulau Kodingareng, kecmatan Sangkarang, Kota Makassar, Sabtu (19/10).

Dalam kegiatan yang dihelat sebagai rangkaian acara Dies Natalis 37 Tahun FKM Unhas tersebut, bentuk penyegaran kader Posyandu kelurahan Kodingareng, adalah dalam bentuk pelatihan pengukuran Antrometri, dengan diikuti beberapa kader Posyandu di pulau tersebut.

Menurut salah satu Mahasiswa PIKP yang dimaksud dengan pengukuran Antrometri tersebut diantaranya adalah meliputi cara menghitung usia balita, pengukuran berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran panjang badan, dan pengukuran Lingkar Lengan Atas (LILA).

Pada kegiatan ini metode yang dilakukan yaitu dengan menampilkan Powerpoint dan menampilkan video terkait dengan materi yang dibawakan serta dipraktekkan langsung oleh kader posyandu dengan bantuan mahasiswa Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku.

Pada kesempatan itu, usai mendengar penjelasan tentang tata cara pengukuran Antrometri oleh mahasiswa program S1 PKIP FKM Unhas, umumnya sejumlah peserta mengaku selama ini melakukan pengukuran tidak sesuai dengan penjelasan, atau melakukan kesalahan pengukuran, olehnya itu, mereka nampak antusias untuk mempraktikkan secara langsung beberapa jenis pengukuran antropometri.

Di akhir kegiatan dilakukan pemberian hadiah bagi kader yang sangat aktif di dalam proses penyegaran dan pembagian cendramata kepada peserta serta kepada puskesmas yang di wakili oleh kepala Puskesmas Pulau Kodingareng.

Pada kesempatan terpisah Prof. Sukri Palutturi, berharap melalui kegiatan tersebut, kader posyandu di Pulau Kodingareng dapat melakukan pengukuran antropometri dengan baik dan benar, sehingga, dalam penentuan antropometri masyarakat tidak lagi terjadi kesalahan-keslahan. (*/464ys)