Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas, yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo pertengahan pekan ini, secara tidak terduga mengikuti perayaan Malam Natal di ibu kota Washington DC secara daring. Jemaat yang tidak memperkirakan kehadirannya, menyambut dengan suka cita.

Yaqut yang sedang dalam perjalanan menuju ke GBIP Immanuel atau dikenal sebagai Gereja Blenduk, di Kota Lama Semarang, hanya tampil sejenak. Tetapi tampaknya cukup menyemangati warga Kristiani di Washington DC yang baru pertama kali melangsungkan ibadah Malam Natal secara daring.

Ia kembali menekankan pesan penting yang sudah disampaikan seusai ditunjuk Jokowi sebagai menteri agama, yaitu bahwa ia akan menjadi menteri untuk semua agama.

“Saya ingin memastikan bahwa kali ini menteri agama ini adalah menteri agama untuk semua semua agama. Kami berkomitmen bahwa perlindungan terhadap umat beragama tidak akan memilih-milih. Semua agama akan dilindungi dan difasilitasi, untuk Indonesia. Karena Indonesia ini bukan hanya milik satu agama saja, tapi milik kita semua. Ada Muslim, Kristen, Hindu, Budha, Konghucu, semua,” tegas Yaqut. [voa]