Pelajar SMAN 5 Soppeng
Pelajar SMAN 5 Soppeng

SOPPENG – Para pelajar SMAN 5 Soppeng yang tergabung dalam Agen Pelajar Integritas (API) Indonesia, memanfaatkan Mading (majalah dinding) sebagai media informasi di sekolahnya.

Mereka pun menyulapnya dengan isian terkait 9+1 nilai-nilai integritas berupa puisi, cerpen, foto sosial, dan masih banyak lagi.

Salah satu tujuannya adalah menyebarkan ‘virus’ integritas sebagai wujud pengabdian kepada bangsa dalam memberantas perilaku koruptif di masyarakat.

Sosialisasi 9+1 nilai integritas yakni, jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, adil, serta sabar.

Mading 9+1 nilai integritas ini dikerjakan oleh Jusra Risnawati, Dewi, Nisa dan Tadzki, dalam proses pembuatannya mereka menghabiskan waktu 2 hari dimana selesai tepat pada Sabtu, 13 Juli 2019.

Salah seorang dari mereka mengaku jika pembuatan mading ini cukup mudah, walaupun ada juga beberapa kendala yang dihadapi

“Kami membuat mading integritas membutuhkan waktu tak cukup lama, sekitar 3 hari. Tapi sebelumnya untuk menentukan isi dari mading kami mempersiapkannya hampir seminggu,” ucap salah satu dari mereka.

“Walau demikian, saya sangat senang karena dapat menyelesaikan dengan teman-teman terlebih adanya Mading ini,” sebutnya.

Mereka berharap penerapan 9+1 nilai integritas dapat diterapkan dengan baik oleh seluruh elemen di SMAN 5 Soppeng. Bukan hanya di sekolah, tapi juga dikehidupan sehari-hari.

Sejalan dengan hal tersebut, SMAN 5 Soppeng Dra Hj Fatmawati MPd mendukung kegiatan yang dilakukan para siswa. “Ini inisiatif yang sangat baik diterapkan di lingkungan sekolah,” jelasnya.

Kedepannya, lanjutnya, bukan hanya pembuatan Mading yang dilakukan API Indonesia. “Namun juga akan ada inovasi lainnya yang tentunya tetap dalam rangka mewujudkan penerapan 9+1 nilai-nilai Integritas,” pungkas Fatmawati. (*)