Pelatihan Griyaan Audit SNI ISO Harap BBKP Makassar Bisa Profesional
Balai Besar Karantina Pertanian Makassar menggelar pelatihan Griyaan Audit SNI ISO 19011 - 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan jaminan kompetensi bagi pelaksanaan kegiatan audit internal terhadap penerapan sistem manajemen mutu ter integrasi di BBKP Makassar.

MAKASSAR—Balai Besar Karantina Pertanian Makassar menggelar pelatihan Griyaan Audit SNI ISO 19011 – 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan jaminan kompetensi bagi pelaksanaan kegiatan audit internal terhadap penerapan sistem manajemen mutu ter integrasi di BBKP Makassar.

“Penerapan SNI 19011 – 2018 adalah standar internasional yang mengatur panduan atau tata cara melakukan audit terhadap system manajemen,” kata Kepala BBKP Makassar, Lutfi Natsir, Kamis (14/10/2021).

Melaksanakan audit sistem lanjut Lutfi, merupakan suatu hal yang sangat penting bagi organisasi, untuk mendapatkan hasil terbaik dari sistem manajemen dan memastikan perbaikan berkelanjutan, maka audit secara berkala perlu dilakukan oleh personil yang berkompeten.

“Menjalankan beberapa sistem manajemen secara bersamaan memang tidak mudah, kami di BBKP Makassar telah dilakukan beberapa sistem manajemen mutu yaitu SNI 9001, SNI 37001, SNI 1702, SNI 45001,” bebernya.

Penerapan SNI 19011 lanjut Lutfi adalah pedoman dalam audit sistem manajemen, menawarkan paradigma yang seragam, selaras dan memungkinkan audit efektif diberbagai sistem pada saat bersamaan.

Dengan demikian Lutfi mengharapkan, sebagai institusi terdepan dalam pelestarian sumber daya hewan dan tumbuhan dapat menjadi institusi yang profesional, tangguh dan terpercaya dalam melaksanakan tugas-tugas karantina. (*)