High Flow Nasal Cannula atau HFNC
High Flow Nasal Cannula atau HFNC, alat ini digunakan untuk bantu pernapasan terapi oksigen aliran tinggi. HFNC ini nantinya akan ditempatkan di ruangan ICU rumah sakit. Hadiran alat ini, pasien tidak harus diinkubasi menggunakan ventilator invasif untuk mencegah gagal napas dan hipoksia.

MAKASSAR—Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam upaya meningkatkan pelayanan penanganan Covid-19 mendatangkan alat High Flow Nasal Cannula atau HFNC. Alat ini digunakan untuk bantu pernapasan terapi oksigen aliran tinggi. HFNC ini nantinya akan ditempatkan di ruangan ICU rumah sakit. Hadiran alat ini, pasien tidak harus diinkubasi menggunakan ventilator invasif untuk mencegah gagal napas dan hipoksia.

Sebanyak 85 unit HFNC akan dimiliki Pemprov Sulsel, sebanyak 50 diminta oleh Plt Gubernur dari Kementerian Kesehatan dan 35 unit dibeli Pemprov Sulsel.

“Ada HFNC 35 unit sudah tiba hari ini di posko Satgas Covid-19 Sulsel. 35 ini dibiayai oleh anggaran Pemprov Sulsel, Pemprov yang beli,” kata Ketua Koordinator Posko dan Kesekretariatan Satgas Covid-19 dr Arman Bausat, Jumat, 6 Agustus 2021.

Direktur RS Dadi ini menjelaskan alat HFNC ini digunakan untuk pasien dengan gejala berat akibat terpapar Covid-19, dan dokter anastesi cenderung suka memakai alat tersebut.

“Alat ini bagus, dan tidak  menyiksa pasien dan bisa dipake untuk mengalirkan oksigen banyak kepada pasien yang sesak sekali, Dan ini alat nyaman bagi pasien, tidak terlalu bahaya buat pasien, serta mudah diaplikasikan oleh dokter di ICU,” jelas dr Arman

Saat ini, dr Arman mengatakan pengadaan alat HFNC yang baru tiba ini untuk mendukung kamar-kamar ICU yang banyak, karena nanti akan ada penambahan ruangan ICU sebanyak 35 kamar, jumlah yang diminta oleh Plt Gubernur Sulsel.

Dr Arman mengungkapkan alat-alat ini juga mungkin akan digunakan untuk mensupport daerah disamping rumah sakit provinsi, didistribusikan ke daerah yang sangat membutuhkan.

“Alat-alat yang 35 ini akan mensupport juga daerah, di samping rumah sakit milik Pemprov Sulsel,” jelasnya.

Sedangkan Plt Gubernur Sulsel, Sudirman Sulaiman menyampaikan bahwa HFNC akan meningkatkan daya tampung ICU Rumah Sakit.

“Alhamdulillah hasil pembelian HFNC (High Flow Nasal Connula) untuk membantu meningkatkan daya tampung ICU RS Provinsi dan kabupaten/kota telah tiba,” sebutnya.

Imbuhnya, alat ini sangat penting untuk penambahan konversi tempat tidur (TT) ICU RS dalam penanganan COVID-19 di Sulsel.

Pada penggunaan alat bantuan oksigen, bila menggunakan non rebreathing mask (NRM) tidak membantu menaikkan saturasi oksigen maka pilihan selanjutnya adalah menggunakan high flow nasal canul (HFNC). HFNC memiliki debit aliran oksigen 50-60 liter/menit. Sedangkan dengan menggunakan ventilator dengan debit aliran oksigen 15 liter/menit. (*)