Pendaftaran CPNS dan PPPK Pemprov Sulsel mulai dibuka Besok, Ini penjelasan BKD
Imran Jauzi, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Sulsel.

MAKASSAR—Pelaksanaan Seleksi Penerimaan CPNS Formasi tahun 2021 dan Seleksi Penerimaan PPPK Nonguru Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel rencananya akan dimulai pada 30 Juni 2021, Besok.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Imran Jauzi Sulsel saat dihubungi melalui telepon Seluler, Selasa (29/6/2021).

“Sudah ada toh jadwalnya, hari ini sudah keluar jadwalnya, besok mulai pendaftaran seleksi CPNS dari tanggal 30 hingga tanggal 21 Juli.” katanya.

Imran mengaku telah mempersiapkan langkah-langkah terkait penerimaan CPNS tahun 2021, mulai dari pembentukan panitia seleksi daerah hingga persiapan Kouta CPNS bagi cumlaude dan peserta disabilitas.

“Istilahnya hal hal yang menjadi sifatnya wajib itu sudah kita Persiapkan, sisa mulai besok diumumkan untuk dilakukan pendaftaran,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terdiri dari materi ujian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) akan dilaksanakan di Celebes Convention Center (CCC) Kota Makassar.

Imran Jauzi mengaku pihaknya memilih tempat tersebut dikarenakan penyelenggaraan seleksi SKD CPNS tahun ini dibutuhkan tempat yang luas serta dibutuhkan sekitar 500 hingga 600 unit komputer.

“Jadi memang kita butuh tempat yang lebih luas kita butuh unit komputer lebih banyak, kita butuh komputer kurang lebih 500 sampai 600 unit, kalau di UPT paling 100-200 unit ji,” jelasnya

Dalam penyelenggaraannya SKD, Imran Jauzi menyebut peserta diwajibkan untuk taat terhadap protokol kesehatan yang telah dikeluarkan oleh BKN mengingat saat ini masih dalam kondisi Covid 19.

“Saya kira protokol kesehatan nya itu diatur secara nasional oleh BKN, prokes itu pasti kita jaga, yang kedua kita juga menjaga kemungkinan kemungkinan terjadinya kecurangan misalnya joki dan lain sebagainya, saya kira itu standar nya begitu,” pungkasnya

Sekedar diketahui, Pemprov mendapat kuota formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 349 formasi, yang terbagi dari 103 formasi untuk tenaga kesehatan dan sisanya tenaga teknis 246 formasi.

Untuk formasi PPPK, pemprov mendapat jatah sebanyak 8.434 kuota. Maka total formasi yang telah ditetapkan Kemenpan RB dan tersedia di Sulawesi Selatan ialah 8.783 kuota. (*)