Pj Wali Kota Makassar Prof. Dr. Yusran Yusuf menerima kunjungan Ketua Forum Komunikasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (FKLPM) kecamatan Manggala, Andi Pasamangi Wawo, bersama pengurus Asosiasi LPM Makassar bersama dan Ketua FKLPM Kecamatan se kota Makassar, Selasa, 9 Juni 2020.

MAKASSAR, Penjabat (PJ) Wali Kota Makassar Prof. Dr. Yusran Yusuf, S.Hut, M.Si, berjanji untuk lebih memperkuat peran dan Tugas Pokok serta fungsi (Tupoksi) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam sejumlah kegiatan, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Hal itu diungkapkan Prof. Yusran saat menerima rombongan Pengurus Asosiasi LPM Kota Makassar beserta para Ketua Forum Komunikasi (FK) LPM Kecamatan se kota Makassar di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Selasa (9/6) pagi.

Wakil Ketua I, Asosiasi LPM Kota Makassar, Andi Pasamangi Wawo, didampingi sekretaris Haeruddin Hafid, saat memimpin rombongan menghadap PJ. Wali kota mengungkapkan sejumlah permasalahan yang dihadapi LPM beberapa waktu belakangan, terutama menyangkut menurunnya peran dan fungsi LPM dalam sejumlah kegiatan pemrintah kota Makassar.

Menanggapi hal itu, Prof Yusran menyampaikan, bahwa pemerintah kota Makassar akan segera membentuk tim kecil bersama pengurus asosiasi untuk merumuskan berbagai masalah yang selama ini dianggap “menghambat” peran LPM di tengah Masyarakat. Khususnya, dalam fungsi perencanaan, pengawasan dan evaluasi agar sinergitas LPM, Lurah, Camat dan SKPD utuh sesuai jenjang dan perannya dalam mengawal dan menyukseskan kebijakan dan program Pemkot.

“Dalam minggu ini, kita bahas bersama. Inshaa’Allah saya akan pimpin langsung tim ini,” janji Pj Wali kota didampingi Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat (BPM), Setda Kota Makassar, Yarman AP, MH.

Pada kesempatan itu menurut Andi Pasamangi Wawo, yang juga merupakan ketua FK LPM Kecamatan Manggala, PJ Wali kota Makassar juga mengajak LPM untuk berpartisipasi aktif dalam mengajak masyarakat meningkatkan imun melalui Gerakan Makassar Sehat, ‘low contac and High Imunity melawan Covid 19.
“Selain berjanji akan kembali memperkuat peran LPM, Pak PJ (PJ Wali Kota ; red) juga mengajak LPM untuk berperan aktif dalam mengedukasi warga, khususnya dalam memasyarakatkan peningkatan imun melalui Gerakan Makassar Sehat ‘low contac and High Imunity’ melawan Covid 19,” ungkap Andi Pasamangi.

Selain itu menurut Andi Pasamangi, Pj Wali Kota yang merupakan mantan Dekan Fakultas Kehutanan Unhas Makassar itu, juga meminta LPM untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Walikota (Pilwalkot) yang rencananya akan digelar Desember mendatang.

Lebih lanjut Andi Pasamangi menjelaskan, bahwa untuk memfollowup hasil pertemuan dengan PJ. Wali Kota tersebut, rencananya sejumlah ketua LPM kelurahan akan segera melakukan koordinasi dengan pihak kelurahan masing-masing.

“Sebagai tindak lanjut dari pertemuan ini, sepulang dari Rujab ini, kami dan beberapa ketua LPM kelurahan se kota Makassar akan segera melakukan koordinasi dengan Lurah, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan RT/RW di kelurahan masing-masing,” pungkas Andi Pasamangi Wawo. (464Ys)