PLN Pastikan Tarif Listrik Seluruh Golongan Tidak Naik
Ilustrasi

MAKASSAR, PT. PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UIW Sulselrabar) mengaku siap mendukung penuh kebijakan pemerintah terkait pembebasan pembayaran listrik pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan memberikan diskon 50% bagi pelanggan dengan daya 900 VA selama 3 bulan yaitu April, Mei dan Juni 2020.

Rencana pemberian keringanan biaya listrik yang disampaikan PT. PLN UIW Sulselrabar melalui siaran Pers tertulis yang diterima Media Sulsel, Selasa (31/3), akan diperuntukan bagi seluruh wilayah kerja PT. PLN UIW Sulselrabar.

Menurut General Manager PT. PLN UIW Sulselbar, Ismail Deu, PT. PLN UIW Sulselrabar akan menggratiskan sebanyak 596. 754 pelanggan dengan daya 450 VA dan memberikan potongan pembayaran 50% kepada 577.190 pelanggan dengan daya 900 VA.

Jumlah tersebut secara terperinci menurut Ismail, untuk pelanggan dengan daya 450 VA di Sulawesi Selatan sebanyak 477.545 pelanggan, Sulawesi Tenggara, 69.921 pelanggan, dan 49.288 pelanggan berada di wilayah Sulawesi Barat,

Sedangkan pelanggan dengan daya 900 VA yang memperoleh potongan 50 % tersebar di Sulawesi Selatan, 388.321 pelanggan, Sulawesi Tenggara 142.509 pelanggan dan Sulawesi Barat sebanyak 46.360 pelanggan.

Melalui kebijakan ini Ismail berharap dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat pandemi global Covid-19 yang mengakibatkan lesunya perekonomian.

” Kami berharap dengan adanya kebijakan ini, pelanggan tidak terlalu memikirkan tagihan listrik dan terus berada dirumah agar terhindar dari pandemi covid-19 ini,” ungkap Ismail.

Selain itu melalui program pembebasan tagihan dan keringanan pembayaran tersebut, Ismail berharap dapat melindungi masyarakat yang paling terdampak pandemi.
“Saat ini semua masyarakat dihimbau untuk tetap dirumah aja, sekaligus berkegiatan di rumah, Tujuannya untuk mencegah penularan yang makin luas lagi. Jadi masyarakat, khsusnya yang tidak mampu, tidak harus khawatir dalam menggunakan listrik selama musim yang suli ini,” pungkas Ismail.

Sementara itu ketika dikonfirmasi terkait pelanggan pra bayar, melalui saluran WhatsApp, Humas PLN UIW Sulselrabar, Eko Wahyu Prasongko menjelaskan, bahwa pelanggan pra bayar akan diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian tiga bulan terakhir. (70n)