Plt Kadis PMD Sulsel Ungkap Tiga Sasaran Utama ADD
Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sulsel, A Muhlis Hindra.

MAKASSAR—Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sulawesi Selatan, Akhmad Mukhlis Hindra mengemukakan, ada Empat Tujuan Utama Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Tujuan BUMDes dibagi menjadi empat yaitu, Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa, meningkatkan pendapatan masyarakat desa, dan mengoptimalkan potensi sumber daya alam untuk kebutuhan masyarakat serta menjadi alat untuk pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di desa,” terangnya, Minggu (18/4/2021).

Ia menjelaskan, BUMDes merupakan sebuah lembaga usaha desa yang pengelolannya dilakukan oleh pemerintah desa beserta masyarakat desa. Bertujuan untuk memperkuat perekonomian desa serta dibentuk berdasarkan potensi dan kebutuhan yang ada di desa.

“Desa adalah bagian dari sebuah negara yang memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. Sumber daya alam di desa biasanya begitu berlimpah, maka pemerintah membuat sebuah kebijakan otonomi daerah dengan mendirikan sebuah Bumdes,” jelasnya.

Lebih jauh Akhmad Mukhlis Hindra mengaku, Syarat untuk mendirikan BUMDes tersebut telah diatur dalam Permendes No.4 Tahun 2015.

“Syarat di Permendes No. 4 Tahun 2015 sudah sangat jelas yaitu Adanya Inisiatif dari Masyarakat Desa atau Pemerintah Desa. Dari inisiatif tersebut nantinya akan dirumuskan oleh seluruh komponen masyarakat desa dan pemerintah desa setempat. Adanya Potensi Usaha Ekonomi Desa,” terangnya lagi.

Karena tujuan BUMDes ini, lanjutnya, untuk menyejahterakan masyarakat desa, maka harus ada sokongan usaha untuk bisa mewujudkan hal tersebut. “Adanya Sumber Daya Alam di Desa Seperti yang diketahui bersama, di desa ini segala macam sumber daya alam masih ada dan terpelihara dengan baik. Minimal desa tersebut memiliki satu sumber daya yang bisa diandalkan,” tuturnya.

Ia menambahkan, syarat lain untuk mendirikan Bumdes sesuai dalam Permendes No. 4 Tahun 2015 yaitu
Adanya Sumber Daya Manusia yang Mampu Mengeloa BUMDes.

Adanya Sumber Daya Manusia yang Mampu Mengelola BUMDes. Selain sumber daya alam, faktor lain yang sangat penting untuk menunjang keberhasilan BUMDes adalah adanya sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengelolanya.

Kemudian Syarat terakhir adalah Penyertaan Modal dari Pemerintah Desa. Modal adalah hal yang terpenting untuk membangun usaha atau apapun juga. Modal memang selalu identik dengan nominal tertentu.

“Namun, selain itu modal juga bisa berarti tentang kekayaan alam atau keahlian apa saja yang dimiliki oleh desa setempat,” pungkasnya. (*)