MAKASSAR, Plt. Lurah Biring Romang, Sofiawati, SE, melaksanakan launching Pasar Tani Pekanan, dirangkaikan dengan kegiatan Ahad Sehat, yang dilaksanakan rutin setiap hari Minggu di lapangan Sepak Bola Komplek Unhas Biring Romang, Minggu (18/8).

Menurut Sofi pelaksanaan Pasar Tani tersebut bertujuanTujuan agar masyarakat mengetahui, bahwa di kelurahan Biring Romang, khususnya di dalam komplek perumahan Unhas juga terdapat kegiatan pertanian dengan memanfaatkan lahan fasum yang ada.

Adapun konsep dari acara ini lanjut Sofi adalah pemberdayaan usaha warga untuk mengelola lahan yang ada, serta pemberdayaan UKM, yang kemudian didesain sedemikian rupa sehingga antara penjual yang merupakan kelompok masyarakat pengelola lahan fasum menjadi lahan pertanian ataupun yang memproduksi makanan dengan masyarakat umum sebagai pembeli, dapat dipertemukan di satu tempat.

“Ketika mendengar kata pasar, orang cenderung mengartikan sebagai tempat dimana antara penjual dan pembeli ketemu, namun karena sifatnya ini hanya digelar setiap pekan, sehingga semua komponen di kelurahan Biring Romang harus terlibat untuk bisa memanfaatkan kegiatan ini, baik sebagai ajang silaturahmi mingguan atau untuk mempromosikan produknya, khususnya makanan,” tegas Sofi.

Selain itu Sofi juga berharap agar kegiatan tersebut dapat berkembang dan menjadi contoh bagi pihak lain, bahwa dalam mengembangkan produktifitas pertanian bisa memanfaatkan apa yang ada di sekitar.

“Yang terpenting adalah adanya dukungan dari semua komponen masyarakat Biring Romang, karena prinsipnya pemerintah hanya berperan dalam memfasilitasi dan memotivasi warga,” pungkas Sofiawati yang juga merupakan Kepala Seksi Pemerintahan kecamatan Manggala. (464ys)