Beranda » Makassar » Plt. Lurah Biring Romang Kunjungi Balita Penderita Kanker Mata
Plt. Lurah Biring Romang Kunjungi Balita Penderita Kanker Mata
Makassar

Plt. Lurah Biring Romang Kunjungi Balita Penderita Kanker Mata

MAKASSAR, Plt. Lurah Biring Romang, Sofiawati, SE dengan didampingi Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Ambang Ardi Yunisworo, Sekretaris Kelurahan Biring Romang, Idawati, SE dan Bendahara Komunitas Birma Peduli, Ela Yunisworo serta Ketua ORW 03, Herman, Kamis (5/9) malam, menyempatkan diri mengunjungi salah seorang warganya yang masih berusia balita dan telah divonis dokter menderita kanker mata stadium 4.

Kepada Media Sulsel usai mengunjungi warganya, Sofi menjelaskan, bahwa balita atas nama Al Zaidan Asmiadi, yang lahir pada 4 Januari 2018 merupakan anak keempat dari pasangan Asmiadi dan Karmila, adalah warga ORT. 05 / ORW. 03 kelurahan Biring Romang, kecamatan Manggala, kota Makassar, sejak 7 bulan lalu divonis dokter terserang kanker ganas di bagian dalam mata kirinya.

“Baru tadi sore saya diberitahu ketua LPM, bahwa ada warga kami ananda Al Zaidan yang masih balita, divonis dokter menderita kanker mata stadium 4, olehnya itu malam ini (Kamis, 5/9;red) saya memutuskan untuk segera menjenguknya untuk mencari tahu apa yang bisa kami lakukan untuk membantu mereka,” ungkap Sofi, panggilan akrab Sofiawati.

Menurut Sofi, Al Zaidan telah diketahui menderita penyakit tersebut semenjak berusia 1 tahun atau sekitar 6 bulan lalu, dan kondisi mata kiri balita penderita kanker tersebut, saat ini sudah tidak dapat melihat lagi akibat telah digerogoti penyakit kanker tersebut.

Lebih lanjut Sofi menjelaskan, bahwa meski kedua orang tuanya memegang Kartu Indonesia Sehat (KIS), sedangkan pasien sendiri tidak memiliki KIS, namun sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Mandiri, meski saat ini dalam posisi menunggak, sehingga sementara waktu tidak bisa melakukan perawatan medis di RS karena tidak mampu membayar.

“Sebelumnya ananda Al Zaidan sudah memperoleh perawatan medis, bahkan dilakukan kemoterapi dengan menggunakan BPJS mandiri, namun sudah beberapa bulan terakhir ini tidak lagi dilakukan perawatan medis, karena pembayaran BPJSnya tertunggak,” lanjut Sofi.

Dari hasil kunjungan tersebut, Sofi berjanji akan berupaya untuk mencari jalan keluar, sehingga bisa membantu meringankan beban orang tua dalam proses pengobatan penderita.

Sementara itu, ketua LPM Biring Romang mengaku kecolongan, karena baru tahu ada balita yang berasal dari keluarga yang kurang mampu, menderita kanker, sehingga baru hari ini bisa melihat secara langsung sekaligus mengidentifkasi apa yang bisa dilakukan, untuk mambantu yang bersangkutan.

“Saya mengaku kecolongan dengan kasus ini, karena baru kemarin Rabu malam saya tahu, itupun dari laporan anak-anak muda yang sudah terlebih dahulu mengunjungi penderita, makanya juga baru hari ini saya laporkan ke ibu Lurah, dan Alhamdulillah respon bu lurah sangat luar biasa sehingga malam ini beliau menyempatkan diri untuk menjenguknya,” terang Ambang.

Pada kesempatan itu Lurah beserta rombongan selain memberikan bantuan ala kadarnya juga menyerahkan satu kantong kayu Bajakah yang konon belum lama ini viral disebut-sebut sebagai bahan alami yang bisa menyembuhkan penyakit kanker yang diperoleh dari Kalimantan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Media Sulsel, ibu dari Al Zaidan, Karmila, sebelumnya sempat pekerja sebagai pramuniaga di salah satu department store yang ada di kota Makassar, namun karena ingin konsentrasi mengurus anaknya yang sakit yang bersangkutan memutuskan berhenti bekerja.

Demikian juga dengan ayahnya yaitu Asmiadi, sebelumnya sempat berprofesi sebagai pengemudi ojek online, namun karena motor yang digunakan, dipinjam dari orang lain, yang saat ini sudah diminta oleh sang pemilik, sehingga Asmiadi harus berhenti sebagai ojek online dan memilih untuk bekerja serabutan. (4ld)