Produk Siswa Sekolah Wirausaha Muda YESS Dikurasi

MAKASSAR – Dalam rangka pengembangan produk dan persiapan praktek menjual, siswa sekolah wirausaha muda “Young Entrepreneur School Sulsel” disingkat YESS melakukan kurasi produk.

Sebelum puluhan peserta dari program sekolah Entrepreneur ini turun ke lapangan memasarkan produknya, fasilitator YESS memberikan penilaian produk atau kurasi produk, Sabtu-Ahad, 27-28 Juli 2019 di UKM Center.

Fasilitator YESS, Bahrul Ulum menyebut, siswa YESS telah melakukan survei pasar, brainstorming dan pembekalan desain kemasan. Selanjutnya dikurasi untuk meningkatkan nilai tambah (value added) produk

“Kurasi produk sederhananya penilaian kualitas produk. Bisa dilakukan uji rasa dan melakukan uji visual produk (fisik). Termasuk kandungan dan nutrisi dari produk pangan juga menjadi bahan pertimbangan seperti bahan tambah, pengawet, pewarna dll,” katanya.

Kurasi kemasan produk menjadi sangat penting mulai penataan produk dalam kemasan, bahan kemasan, pemenuhan fungsi kemasan.

“Termasuk desain bentuk dan grafis kemasan dan semua hal yang terkait dalam label kemasan,” tambah Bahrul Ulum.

Para kurator antara lain Aly Anwar, Ria Wahyuni dan Putra Handayani memberikan dorongan dan saran untuk inovasi rasa. Agar produk tersebut punya cita rasa yang unik.

“Kami ingin mengajak para siswa YESS berani berfikir kreatif dalam pengembangan produk sebelum dilempar ke pasar,” ujar Putra, fasilitator YESS.

 

Produk Siswa Sekolah Wirausaha Muda YESS Dikurasi

Kepala Dinas koperasi dan UKM Sulsel, Malik Faisal mengatakan, para siswa YESS akan turun ke lapangan melakukan praktek menjual, kebanyakan usahanya di bidang kuliner.

Para siswa membentuk kelompok terdiri dari lima orang yang diwajibkan membuat produk yang memiliki keunikan di pasaran. (*)