Beranda ยป Makassar ยป PT. ASG Gelar Diksar Satpam Tahap II
PT. ASG Gelar Diksar Satpam Tahap II
PT. Aman Sejahtera Global (ASG) Makassar, bekerja sama dengan Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Sulsel, menggelar Pendidikan Dasar (Diksar) tenaga Satuan Pengamanan (Satpam) tahap kedua tahun 2018.
Makassar

PT. ASG Gelar Diksar Satpam Tahap II

MAKASSAR – PT. Aman Sejahtera Global (ASG) Makassar, bekerja sama dengan Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Sulsel, menggelar Pendidikan Dasar (Diksar) tenaga Satuan Pengamanan (Satpam) tahap kedua tahun 2018.

Ketua Panitia Penyelenggara, Muh. Amin, kepada mediasulsel.com menjelaskan, bahwa Diksar Satpam yang diselenggarakan di Mall GTC Makassar tersebut bertujuan memberikan kemampuan dasar dan peningkatan pelayanan anggota Satpam, sehingga dapat bertugas secara maksimal di wilayah tugasnya masing-masing.

Diksar tahap II yang akan berlangsung selama 1 bulan tersebut, dibuka langsung oleh Direktur Pembinaan Masyarakat, Polda Sulsel, Kombel Pol. Markilat Heru Prasetyo, Kamis (25/1/2018). Diikuti sebanyak 60 peserta yang berasal dari berbagai perusahaan yang ada di Kota Makassar.

Nampak turut hadir dalam pembukaan Diksar Satpam tahap II antara lain Kasubdit Polsuswasjaspam dan jajaran Ditbinmas Polda Sulsel, sejumlah pimpinan Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) yang ada di kota Makassar dan sejumlah perwakilan perusahaan pengguna Satpam.
Lebih lanjut Amin menjelaskan, bahwa Satpam sebagai kepanjangan tangan pihak kepolisian, sebagaimana diatur dalam Peraturan Kapolri no 24 tahun 2007, tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perushanaan dan/ atau Insansi/ Lembaga Pemerintah, diwajibkan untuk memiliki sertifikat Garda Pratama, dengan jalan mengikuti Pelatihan Gada Pratama, yaitu pelatihan dasar Satpam bagi anggota/calon anggota Satpam yang belum pernah mengikuti pelatihan di bidang Satpam.

“Sesuai Perkap no. 24 tahun 2007 setiap tenaga Satpam diwajibkan untuk mengikuti Pelatihan dasar Gada Pratama, dan jika tidak, mereka tidak dibenarkan menjalankan tugas dan fungsi Satpam yang merupakan kepanjangan tangan kepolisian,” tegas Amin.

Olehnya itu lanjut Amin, PT. ASG selaku Perusahaan Penyedia Jasa dan Pelatihan Security yang ada di Makassar guna memenuhi permintaan akan tenaga Satpam bersertifikat Gada Pratama, pihaknya akan secara rutin menyelenggarakan Diksar Satpam secara bertahap setiap satu bulan sekali, adapun untuk tahap ketiga rencananya akan dilaksanakan pada 12 Pebruari 2018. (464Ys)