MAKASSAR, PT, Global Parakasi, sebuah perusahaan yang bergerak sebagai Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) yang berkedudukan di Jl. Antang Raya Makassar, melaksanakan kegiatan penyegaran ketrampilan bagi para komandan regu (Danru) Satpamnya, yang dikemas dalam bentuk upgrading Skill, di Marami Café, Antang Makassar, Jum’at (26/7).

Dalam kegiatan tersebut, Direktur PT. Global Parakasi, Ambang Ardi Yunisworo, didaulat menjadi instruktur tunggal, menyampaikan materinya terkait keberadaan Satpam Masa Kini, yang menurutnya bukan hanya semata sebagai petugas keamanan dan ketertiban, namun lebih berperan sebagai garda terdepan dalam hal pelayanan di institusi dimana yang bersangkutan bertugas.

“Pada era sekarang, sudah bukan lagi zamannya kita mengandalkan Satpam dengan perangi bengis, namun dalam menjalankan tugasnya sebagai kepanjangan tangan kepolisian, atau fungsi kepolisian terbatas, era sakarang menuntun Satpam lebih sebagai garda terdepan dalam pelayanan di instansi dimana anda ditugaskan,” tukas Ambang mengawali materinya.

Dalam kurun waktu lebih dua jam, Ambang lebih banyak mengupas tentang peran Danru selaku pimpinan dalam mengatur pasukannya di lapangan dan sejumlah strategi pelayanan seorang tenaga satuan pengamanan serta serta peran danru sebagai komunikator penghubung antara PT. Global Parakasi dengan pihak perusahaan pengguna.

Sementara itu Manager HRD PT. Global Parakasi, Dahtiar Dahmar, SH, kepada mediasulsel menyatkan, bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk kembali merefress kemampuan para danru untuk selanjutnya ditularkan kepada anak buahnya, serta sebagai sebagai upaya membangun kesamaan persepsi tentang paradigma persatpaman yang berlaku saat ini.

“Kegiatan ini sengaja dilakukan dan dipimpin langsung oleh Direktur yang baru saja mengikuti pelatihan Satpam kualifikasi Gada Utama, untuk merefres kembali kemampuan para danru, serta membangun kesamaan berfikir tentang bagaimana seharusnya Satpam di era sekarang menjalankan tupoksinya,” jelas Dahtiar.

Dalam kegiatan yang diikuti sekitar 12 orang yang berasal dari PT. Nippon Indosari Corpindo Makassar, PT. Baruga Asrinusa Development, Bugis Waterpark dan Red Planet Hotel tersebut, juga turut dihadiri HRD Manager, Dahtiar Dahmar, SH, Legal & Development Manager, Moh. Rivai Anwar, SH, MH, Fainance Manager, Baso Hendra, SE, serta Marketing Manager, Muh. Akbar, S.Kom. (t4nk)