Ratusan Peserta Join Pada Webinar Kewirausahaan Kolaborasi Lima Prodi Komunikasi di Sulawesi
Program Studi Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar melaksanakan webinar series kewirausahaan, pada Kamis pagi 15 Juli 2021 mulai pada jam 09.30 wita, dengan tema, "Siapa Bilang Jualan Online Harus Ada Modal Dulu".

MAKASSAR—Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar melaksanakan webinar series kewirausahaan, pada Kamis pagi 15 Juli 2021 mulai pada jam 09.30 wita, dengan tema, “Siapa Bilang Jualan Online Harus Ada Modal Dulu”.

Pemateri pada webinar ini seorang konsultan digital marketing asal Wajo tinggal di Jokyakarta, Suryadin Laoddang.

Webinar ini kolaborasi bersama lima prodi Ilmu Komunikasi yang ada di Sulawesi, yakni Prodi Komunikasi yang ada di Unismuh Makassar, UIN Alauddin Makassar, UMI Makassar, Unismuh Luwuk Banggai (Sulteng) dan Unasman Polman (Sulbar).

Webinar ini di moderatori Andi Nurwahyuni selaku mahasiswa Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar.

Acara ini berlangsung sekitar 3 jam dengan partisipasi sebanyak 179 orang memenuhi ruang zoom meeting.

Pemateri yang sudah jatuh bangun dalam menjalankan bisnis online mengatakan, ketika ingin memulai sebuah bisnis tanpa ada modal pertama yang dilakukan adalah action/ tindakan.

Action dulu soal hasil dan kualitas itu urusan dibelakang. Paling penting dalam berbisnis adalah action/tindakannya, tanpa ada action usaha bisnis tidak dapat dijalankan, katanya.

Suasana webinar sangat menyenangkan melihat pemateri begitu bersemangat dalam menyampaikan materi sehingga para peserta menikmati materi yang diberikan.

Tidak hanya itu, pemateri sedikit membahas pengalaman mengenai keluarganya yang masih bingung dalam pemilihan jurusan.

Suryadi mengatakan untuk saat ini, jurusan yang paling bagus prospek kedepannya ada dua jurusan pertanian dan jurusan komunikasi.

“Melihat saat ini jurusan komunikasi masuk dalam berbagai bidang, baik bidang politik, pendidikan, sosial, budaya, ekonomi, teknologi dan masih banyak bidang lainnya,” sambungnya.

Komunikasi akan berkembang seiring berjalannya zaman, bahkan komunikasi akan menjadi jurusan yang akan eksis untuk kedepannya.

Kemampuan menguasai komunikasi dapat membuat setiap orang mampu menguasai banyak bidang pekerjaan.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar, Dr H. Muh Tahir, M.Si pada kesempatan itu mengatakan, kegiatan awal ini semoga dapat membuka wawasan kewirausahaan bagi mahasiswa.

Hal sama juga ditegaskan Ketua Prodi Komunikasi Unasman Polman Muhammad Syaeba, SS, MM, kegiatan semacam ini agar terus ditingkatkan di masa mendatang.

Kerja sama lain pada pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi agar dapat dilakukan secara kolaborasi pagi Prodi Komunikasi, katanya.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Muhammadiyah Luwuk, Suanti Tunggala, S.Sos., M.I.Kom, menambahkan, webinar kewirausahaan ini jadi motivasi mengembangkan masing masing prodi Ilmu komunikasi. Webinar seperti ini agar terus dapat di lanjutkan dan dikembangkan lagi.

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, Dr Asni Djamareng, M.Si, mendukung webinar karena mendukung pengembangan kreatifitas mahasiswa.

Mahasiswa Komunikasi Unasman Polman, Welson Febrianto menilai, ikut webinar semakin menambah semangat pada ilmu komunikasi setelah mendengar peluang kerja yang sangat banyak.

Mahasiswa Komunikasi Unasman lainnya, Hasmiah menilai materi webinar sangat bermanfaat, beberapa tips yang di berikan oleh Om DJ panggilan akrab pemateri, jika ingin membangun usaha online maka
carilah sesuatu yang jadi motivasi agar jelas tujuan, kenali pasar yang jadi target dan segera mulai karena apapun rintangan dan hambatan akan ada solusinya jika sudah memulai, katanya. (*)