Gubernur sebut 44.000 Vaksin Covid-19 Diprioritaskan untuk Nakes
Gubernur Sulsel saat memimpin rapat kerja pelaksanaan kegiatan anggaran tahun 2021 dan evaluasi kegiatan tahun 2020.di Ruang Rapim Kantor Gubernur Sulsel, Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Senin, 4 Januari 2021.

MAKASSAR—Sebuah benda ditemukan dan disebut-sebut sebagai sebuah drone laut di Kepulauan Selayar oleh seorang nelayan viral dan menjadi perhatian publik.

Benda tersebut merupakan merupakan seaglider. Memiliki fungsi untuk merekam data yang dapat digunakan untuk penelitian, industri dan pertahanan.

Seaglider yang ditemukan di kabupaten paling selatan Provinsi Sulawesi Selatan ini juga mendapat perhatian dari Gubernur Sulsel, Prof. HM Nurdin Abdullah.

“Saya mau sampaikan, awalnya itu ditemukan oleh nelayan, terus diserahkan ke Angkatan Laut,” kata Nurdin Abdullah.

Seaglider ini telah diserahkan ke Lantamal VI Makassar untuk dikaji dan diteliti.

Ia juga mempertanyakan apa tujuan dari hadirnya seaglider ini dan siapa pihak yang menempatkan di Selayar. Ia menyebutkan seaglider jenis ini juga dapat digunakan untuk penelitian oceanografi atau ilmu tentang samudra atau lautan.

“Pertanyaannya, ini murni untuk penelitian atau tujuan-tujuan tertentu, ini juga belum kita tahu. Kedua, siapa yang menempatkan kita juga belum tahu, jadi kita tidak boleh menuduh dulu. Kita tunggu sampai kajian ini selesai,” sebutnya.

Lanjutnya, bahwa seaglider ini setelah diteliti dan dibandingkan, produknya mirip dengan produk dari China.

“Ini ada kemiripan dengan produk China, tetapi kita belum bisa menuduh bahwa ini yang meletakkan China, kita belum tahu. Apakah orientasi penelitian dan sebagainya,” ucapnya.

Ia juga menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sulsel terkait hal ini belum melayangkan surat protes ke pihak manapun.

“Tidak ada, bagaimana mau melayangkan surat sementara kita tidak tahu siapa yang meletakkan,” tegasnya. (*)