Beranda ยป Daerah ยป Seminar Nasional Persakmi Sulsel tentang SDGs Dibuka Bupati Pinrang
Seminar Nasional Persakmi Sulsel tentang SDGs Dibuka Bupati Pinrang
Persakmi Sulsel menggelar Seminar Nasional dengan tema "Pemantapan Sinergitas Lintas Profesi Menuju Pencapaian SDGs" berlangsung di Kabupaten Pinrang, Sulsel. (Foto: Dok)
Daerah

Seminar Nasional Persakmi Sulsel tentang SDGs Dibuka Bupati Pinrang

PINRANG – Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) Sulawesi Selatan melaksanakan Seminar Nasional “Pemantapan Sinergitas Lintas Profesi Menuju Pencapaian SDGs” di Kabupaten Pinrang, Sulsel.

Kegiatan ini dirangkaikan musyawarah daerah berlangsung hingga Minggu, 21 Oktober 2018. Seminar tersebut dibuka oleh Bupati Pinrang, Dr H A Aslam Patonangi SH MSi.

Bupati Pinrang mengatakan, semestinya rumah sakit dan semua layanan kesehatan tidak bangga dengan angka statistik yang berkaitan dengan angka kunjungan dan pemanfaatan tempat tidur.

“Mestinya cara berpikir kita sudah harus diarahkan pada upaya peningkatan kesehatan masyarakat,” jelas Aslam Patonangi, Minggu (21/10/2018).

Tampil sebagai keynote speaker Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Dr dr H Bachtiar Baso, M.Kes. Ia membahas mengenai Kebijakan Dinas Kesehatan dalam Mewujudkan SDGs.

Bachtiar Baso banyak memaparkan tentang pencapaian dan tantangan terhadap pencapaian SDGs di Sulawesi Selatan.

“Persakmi dan teman-teman profesi lainnya, harus diberikan ruang dalam hal kebijakan, program dan pembiayaan yang berkaitan terhadap upaya menjamin hidup sehat.

Pembicara lainnya, Ketua Umum PP Persakmi, Prof Dr Ridwan Amiruddin SKM M.Kes MSc.PH membawakan materi tentang Penguatan Upaya Kesehatan Masyarakat dalam Mewujudkan SDGs

Sedangkan Ketua Pengurus Daerah Persakmi Sulsel, Prof Sukri Palutturi SKM, M.Kes, MSc.PH, PhD membawakan materi tentang Kota Sehat, Kota Berkelanjutan;

Lalu Dekan FKM Unhas, Dr Aminuddin SKM, M.Kes, M.Med.Ed membawakan materi Peran Institusi Pendidikan dalam Merekatkan Lintas Profesi Kesehatan dalam Mewujudkan SDGs.

Selanjutnya pemateri lainnya adalah Ketua PD IAI Sulsel, Prof Dr Gemini MSi, APt membawakan materi tentang Pemanfaatan Obat Teadisional sebagai Local Wisdom dalam Mewujudkan SDGs;

Sementara Kusrini Semarawati Kadar, PhD mewakili PPNI Sulsel membawakan materi tentang Penguatan Kompetensi Asuhan Keperawatan untuk Mewujudkan Jaminan Hidup Sehat

Pemateri terakhir yakni, Ketua IFI Daerah Sulsel, Anshar Ramada, S.FT Physio M.Kes membawakan materi tentang Optimalisasi Fungsi dan Peran Fisioterafi dalam Upaya Mewujudkan Kesejahteraan Lansia dan Penyandang Disabilitas.

Seminar Nasional ini terbilang cukup lama karena banyaknya pemateri dan pertanyaan peserta. Seminar berlangsung hingga pukul 15.00 Wita. [*/agays]