Solat Idul Fitri di Lapangan Komplek Unhas Biring Romang Digelar dengan Prokes Ketat
Pemerintah Kelurahan Biring Romang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, bekerjasama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) setempat, mengelar Sholat Idul Fitri 1442 H di Lapangan Sepak Bola Komplek Unhas ORW. 05 kelurahan Biring Romang, Kamis (13/05/2021).

MAKASSAR—Pemerintah Kelurahan Biring Romang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, bekerjasama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) setempat, mengelar Sholat Idul Fitri 1442 H di Lapangan Sepak Bola Komplek Unhas ORW. 05 kelurahan Biring Romang, Kamis (13/05/2021).

Sholat Id yang diperkirakan diikuti lebih dari 500 orang dan dipimpin Imam, Muh. Afdal Ramadhan, serta khatib, Ustadz H. M. Agus Lc, MA tersebut, berdasarkan pantauan Media Sulsel di lokasi kegiatan, dilaksanakan dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) yang cukup ketat.

Area sholat dibatasi dengan tali rafia keliling dan hanya disiapkan 3 pintu masuk yang setiap pintu dijaga oleh 4 orang yang terdiri dari 2 orang pantia dibantu 2 orang detektor Makassar Recover lengkap dengan atributnya.

Nampak setiap jemaah yang hendak memasuki area sholat, petugas mengarahkan jemaah untuk terlebih dahulu mencuci tangan di tempat yang disediakan, untuk kemudian dilakukan penyemprotan hand sanitizer, kepada beberapa jemaah yang didapati tidak menggunakan masker, petugas segera memberikan masker secara gratis.

Selain itu, juga nampak beberapa petugas mondar-mandir diantara shaf sholat untuk menegur dan meminta jemaah untuk merenggangkan jarak jika dirasa jarak antar jemaah nampak terlalu rapat.

Ketua PHBI Biring Romang, Dr. Mardi Adi Armin, M. Hum, selaku Ketua Panitia dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada lurah ketua LPM, Imam Kelurahan para ketua ORW, serta pihak-pihak lainnya, karena meski dengan persiapan yang cukup singkat, kegiatan sholat Idul Fitri 1442 H, yang dihelat di tempat tersebut dapat terlaksana dengan sukses.

“Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak, khususnya Bapak lurah Biring Romang, Ketua LPM, Imam kelurahan dan perangkat RW, anggota PHBI kelurahan yang terlibat memberikan arahan dan bantuan atas pelaksanaan sholat Idul Fitri di Lapangan kompleks Unhas, yang meski direncanakan begitu singkat, ternyata sukses,” tukas Dr. Mardi dalam Sambutannya.

Sementara itu Plt. Lurah Biring Romang, Andi Muh Yahya, SE, saat dikonfirmasi usai pelaksanaan Sholat Id, mengatakan, bahwa sedianya kelurahan Biring Romang hanya melaksanakan sholat Id di masjid-masjid saja, namun karena pertimbangkan banyaknya warga yang tidak mudik akan berpotensi melimpahnya jemaah masjid, sehingga diputuskan diadakan sholat di Lapangan.

“Meski di Biring Romang dari 8 ORW terdapat 10 Masjid, namun adanya larangan mudik dari pemerintah, kami khawatir jemaah masjid akan meluber, sehingga akan sulit dihindarkan terjadi kerumunan, olehnya itu pada tanggal 5 mei lalu kami mengadakan rapat bersama PHBI, LPM dan Imam Kelurahan, dan kita sepakat menambah 1 lokasi yaitu lapangan ini, apalagi ada himbauan dari bapak Wali Kota agar sholat Id dilaksankan di tempat terbuka,” terang Yahya.

Lebih lanjut Yahya menjelaskan, sesuai himbauan Wali Kota Makassar dan arahan Camat Manggala serta master Covid kecamatan Manggala, 10 Masjid yang digunakan sebagai lokasi Sholat Id di kelurahan Biring Romang, semuanya menerapkan Prokes yang cukup ketat.

“Seperti kita saksikan bersama, kami berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menjalankan Prokes sebaik-baiknya demikian juga dengan lokasi lain di masjid-masjid. Untuk membackup kerja-kerja panitia dan pengurus masjid, setiap masjid kita terjunkan 3 orang ditektor Makassar Recover, kecuali di lapangan ini ada 6 orang detektor, khususnya dalam mengawal penerapan Prokes,” tegas Andi Yahya.

Adapun 10 Masjid yang digunakan sebagai tempat menjalankan ibadah Sholat Id masih menurut Andi Yahya adalah; Masjid Baiturrahman ORW. 1, Masjid AN Nur ORW. 02, Masjid Al Ikhlas RT. 03/ RW. 03, Masjid H. Masting RT. 06/ RW.03, Masjid Janatul Firdaus RT. 07/ RW.03, Masjid Darussalam ORT. 04/ ORW. 03, Masjid Nurul Hidayah ORW. 04, Masjid Al Muhajirin ORW. 05 serta Masjid Amirul Mukminin ORW. 06. (51l)