MAKASSAR – Sebagai bentuk perhatian dan sikap kemanusiaan terhadap korban bencana gempa bumi di Sulawesi Barat, Universitas Negeri Makassar (UNM) memberikan berbagai bantuan.

Rektor UNM Husain Syam mengatakan untuk meringankan beban masyarakat di Sulbar termasuk mahasiswa yang melakukan pendidikan UNM maka berbagai bantuan diberikan.

“Jadi kami lansung melakukan langkah untuk meringankan beban masyarakat dan mahasiswa UNM. Yaitu dengan pembebasan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa asal sulbar baik mahasiswa S1,S2 maupun S3,serta untuk tahap pertama memberikan berbagai macam bantuan kebutuhan dasar seperti 500 terpal, susu bayi 500 pack, susu anak 500 pack,beras 500 karung, air mineral 500 DOS, indomie 500 DOS serta lainnya dengan total nilai 200 juta,” ucapnya, Minggu (17/1/2021).

Ia menjelaskan bantuan pembebasan UKT juga berlaku bagi mahasiswa yang telah membayar, sehingga lansung dikembalikan.

“Pembebasan UKT berlaku bagi semua mahasiswa asal Sulbar yang terdampak bencana gempa termasuk yang sudah membayar lansung dikembalikan. Sementara bantuan kebutuhan dasar mulai distribusakan hari ini,” tutur Rektor.

Rektor UNM juga mengaku selama ini UNM selalu hadir dalam setiap musibah yang terjadi di Indonesia seperti gempa bumi dan sunami di Palu, banjir bandang di kabupaten Luwu Utara serta lainnya.

“Kami selalu hadir dalam urusan kemanusiaan, termasuk kali ini bukan karena saya orang Sulbar sehingga memberikan bantuan. Tetapi kami selalu menjadi pelopor dan memancing agar pihak lainnya ikut terlibat didalamnya dalam meringankan beban saudara kita,” ucapnya.

Lanjutnya ia, sedikitnya sudah ada 4 posko yang telah dibangun di lokasi bencana gempa bumi provinsi Sulbar.

“Posko kita sudah ada 4 empat dibangun disana,Bahkan Tim SAR UNM sudah dilokasi membantu dalam evakuasi korban bencana gempa,” jelasnya.

Husain Syam menambahkan bantuan tahap kedua akan kembali dikirim dengan tetap memperhatikan kebutuhan yang paling mendesak.

“Kami sementara terus pantau dan lihat kebutuhan masyarakat disana sehingga semua tepat sasaran,” tutupnya. (*)