Beranda ยป Inspirasi ยป Tak Lolos PTN? Universitas Swasta Bisa Jadi Alternatif
Tak Lolos PTN? Universitas Swasta Bisa Jadi Alternatif
STIKOM The London School of Public Relations, Jakarta (Foto Courtesy LSPR)
Inspirasi Pendidikan

Tak Lolos PTN? Universitas Swasta Bisa Jadi Alternatif

PENDIDIKAN – Tidak jarang anak-anak lulusan SMA yang setelah lulus belum juga memasuki perguruan tinggi dikarenakan berbagai alasan, tetapi salah satunya adalah sebab mereka belum juga diterima oleh perguruan tinggi negeri.

Mereka rela menunda kuliah mereka hanya untuk mencoba mendaftar pada tahun berikutnya.

Tidak ada salahnya untuk mencoba mendaftar perguruan tinggi swasta dikarenakan semua perguruan tinggi adalah tempat menuntut ilmu yang baik dan benar dan tidak ada pengaruhnya dengan masa depan jika kita berkuliah di perguruan tinggi manapun.

Alasan lain adalah saat ini sudah banyak perguruan tinggi swasta yang terakreditasi A dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi negeri.

Mendaftar perguruan tinggi swasta tidak sesusah PTN karena daya saingnya juga tidak seketat PTN.

Selain tak usah melalui SNMPTN ataupun SBMPTN, kalian juga bisa masuk PTS melalui berbagai program PMB yang diselenggarakan oleh kampus.

PTS pun juga menyediakan jalur masuk dengan menggunakan nilai Rapot. Test beasiswa pun juga diberikan untuk calon mahasiswa/i baru.

Jika harus melalui ujian pun, ujian penerimaan mahasiswa baru di PTS biasanya dibuka hampir tiap hari apalagi menjelang masa-masa penerimaan mahasiswa baru.

Hampir seluruh universitas swasta mempunyai bangunan-bangunan modern dan fasilitas yang super komplit.

PTS dapat dibilang memiliki fasilitas kuliah yang lebih baik, ruang laboratorium yang cukup lengkap dengan peralatannya, ruang komputer yang terjamin, perpustakaan yang besar, nyaman, dan lengkap.

Dari sisi gedung kuliah banyak PTS yang memiliki gedung kuliah lebih dari satu, dan bertempatan di berbagai kota.

Selain itu, PTS banyak juga yang memiliki fasilitas gedung olah raga, menyediakan gedung untuk asrama, dan disediakan transportasi untuk pengantaran dari asrama ke kampus.

Perguruan Tinggi Swasta banyak dan tersebar dimana-mana. Bagi temen-temen yang orang tuanya ingin anda tetap kuliah di daerah dimana anda tinggal.

Namun Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sangat jauh dan tidak tersedia di daerah anda, maka Perguruan Tinggi Swasta adalah pilihan yang tepat.

Salah satu hal yang ditakutkan saat kuliah di PTS adalah biaya kuliahnya yang mahal. Namun, meski terbilang mahal, biaya kuliah yang harus dibayarkan tiap semesternya cukup jelas.

Pada saat mendaftar kuliah pun, info biaya kuliah mulai dari semester satu hingga lulus sudah diberikan.

Meski PTN lebih bergengsi dalam segi kualitas, namun tak berarti PTS tidak berkualitas. Banyak PTS di kota-kota besar yang bahkan lebih terkenal dibanding PTN.

Saat mencari kerja, lulusan PTS juga tidak akan kesulitan, karna sudah banyak PTS yang mempunya jalur kerja yang sudah disediakan.

Beberapa PTS pun mempunyai kerja sama dengan perusahaan yang dapat di manfaatkan sebagai lowongan pekerjaan saat lulus nanti.

Dalam hal tata mengajar pun, dosen-dosen PTS mempunyai pengalaman dalam bidangnya.

Dosen-dosen yang sudah mempunyai pengalaman saat bekerja mampu memberikan pelajaran yang selayaknnya dan memberi penggambaran saat di dunia kerja nanti.

Dalam pengajaran pun PTS sangat ketat karena setiap kelasnya PTS hanya membatasi maksimal 25-40 anak.

Dengan itu mahasiswa/i dapat belajar dengan baik dan dosen pun bisa memantau setiap anaknya dengan mudah.

PTS juga memiliki jam kuliah yang pasti dan bisa diatur dengan jadwal mahasiswa/i. Jam pelajaran di universitas swasta biasanya lebih fleksibel.

Jadi bukan masalah jika kamu ingin menyelipkan kegiatan lain seperti extrakurikuler atau bahkan bekerja.

Ini bisa jadi keuntungan untuk mahasiswa yang bekerja sambil kuliah.

PTS juga menyediakan kuliah kelas malam atau kelas karyawan yang dikhususkan untuk para pekerja. Dengan ini mahasiswa bisa belajar tanpa harus khawatir dengan pekerjaannya karna waktu yang tidak akan bentrok.

Beberapa PTS juga menyediakan kelas online, jadi untuk mahasiswa yang benar-benar sibuk tetap bisa menuntut ilmu tanpa harus datang ke kampus.

Banyak beasiswa yang ditawarkan. Berbeda dengan Perguruan Tinggi Negeri, meskipun mereka sama-sama mengeluarkan beasiswa.

Namun boleh diakui bersama bahwa penghargaan untuk mahasiswa berprestasi di Perguruan Tinggi Swasta lebih diakui dan dihargai.

Hal ini sering dilakukan untuk menarik para siswa yang cerdas untuk tetap bisa kuliah di PTS.

Selain beasiswa prestasi, banyak juga Perguruan Tinggi Swasta yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang kurang mampu.

Jadi tidak perlu khawatir tidak bisa kuliah jika tidak punya uang banyak. Dimana ada niat dan kemauan disitu pasti ada jalan.

Salah satu keunggulan universitas swasta yang disukai banyak orang adalah keberadaan jurusan baru sesuai perkembangan zaman.

Anda bisa menemukan jurusan desain animasi, pembuatan games, dan beragam jurusan menarik lainnya.

Jurusan-jurusan baru tersebut tentu sangat cocok bagi generasi muda yang ingin belajar sesuai minat.

Karena belajar sesuai minat akan membuat setiap orang merasa lebih bersemangat dan semakin kreatif.

Untuk masalah akreditasi Universitas negeri dan swasta bisa bersaing ketat. Namun, beberapa universitas swasta terkenal karena salah satu bidang studynya yang sangat establish.

Kalian juga bisa memenuhi kreatifitas dan hobi kalian dengan mengikuti ekskul yang tersedia di PTS.

Karena PTS juga terkenal dengan ekskulnya yang bermacam-macam, mendidik dan menyenangkan, dengan ini kalian bisa menjadi mahasiswa yang lebih aktif. (*)

Penulis : Khoirunnisaa Serra
Mahasiswi