Tim Raika Makassar Sidak Bazaar Al-Markas, Masih Dapati Kondisi yang Sama
Camat dan Master Covid Kecamatan lakukan Sidak dan himbauan terhadap Bazar Ramadhan di halaman Masjid Al-Markaz Al Islami Makassar, Kamis (29/4/2021) sekira jam 10 malam, kembali sidak dilakukan Tim Satgas Raika (Satuan Tugas Pengurai Masyarakat) Kota Makassar.

MAKASSAR—Setelah sehari sebelumnya Camat dan Master Covid Kecamatan lakukan Sidak dan himbauan terhadap Bazar Ramadhan di halaman Masjid Al-Markaz Al Islami Makassar, Kamis (29/4/2021) sekira jam 10 malam, kembali sidak dilakukan Tim Satgas Raika (Satuan Tugas Pengurai Masyarakat) Kota Makassar.

Ironisnya, Tim Satgas Raika Kota Makassar yang merupakan gabungan Satpol PP, TNI dan Polri yang dipimpin Kasubag Bin Ops Polrestabes Makassar, Kompol Muh. Asri, masih menemukan banyaknya pelanggaran Prokes sebagai mana temuan Camat dan Master Covid Bontoala sebelumnya yaitu, banyaknya pengunjung yang berkerumun tanpa mengenakan masker serta batas waktu operasional di atas pukul 22.00 Wita.

Mendapati situasi tersebut, Kompol Muh. Asri, mengatakan bahwa kegiatan yang digelar tak jauh dari Mapolsek Bontoala tersebut terdapat sejumlah pelanggaran PPKM khususnya terkait jam operasional serta terdapat pelanggaran protokol kesehatan (Prokes).

“Kami ini selaku tim tugas melihat kegiatan ini sudah ada pelanggaran waktu tutup. Sesuai PPKM kota Makassar, jam tutup harusnya pukul 22.00 Wita. Ini belum tutup sudah lewat pukul 22.00 wita, meski kegiatan ini sesuai program Makassar Recover, khususnya dalam membangkitkan Ekonomi rakyat, namun pelaksanaannya harus sesuai aturan Prokes yang berlaku,” tegas Kompol Muh. Asri.

Sementara itu Master Covid Bontoala, Arman mengatakan bahwa dirinya sudah beberapa kali mendatangi lokasi Bazaar Ramadhan tersebut dan memberikan himbauan kepada pengurus Bazaar Ramadhan dan penjual untuk patuhi prokes dan surat edaran PPKM kota Makassar tentang aturan tutup usaha di masa pandemi.

Usai menerima teguran dan arahan, Pengurus mesjid sekaligus pengurus Bazaar Ramadhan, H. Mustafa, kembali berjanji kepada petugas bahwa dirinya selalu siap untuk diberikan arahan agar bisa menjual sesuai aturan Prokes dan PPKM  kota Makassar.

“Saya beserta Pengurus mesjid ALMarkas akan kembali memberikan arahan untuk patuhi prokes dan PPKM, menutup jualan pada pukul 22.00 Wita,” ungkap Mustafa, di depan Satgas Raika.

Selain itu Mustafa juga mengatakan, bahwa pihaknya akan segera membuat spanduk yang berbunyi bazaar Ramadhan 1442 H tersebut dibuka mulai pagi hingga pukul 22.00 Wita, agar warga bisa belanja dan ekonomi berjalan. (70n)