DP3A Dalduk KB Sulsel kembali Menerima Penghargaan APE Kategori Mentor
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A Dalduk KB) provinsi sulsel Dr. Hj. Fitriah Zainuddin, menyerahkan penghargaan APE Kategori Mentor kepada Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pada acara Coffee Morning diruang Rapat Pimpinan (Rapim) kantor Gubernur Sulsel, Senin (27/9/2021).

MAKASSAR—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Mentor dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut berdasarkan Keputusan Menteri PPPA RI Nomor 66 Tahun 2021 tentang Penerimaan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2020. Provinsi Sulsel meraih juara ketiga, sedangkan peraih penghargaan kategori utama ada Kabupaten Bone, Bulukumba, Luwu Timur, Maros, Sinjai, Kota Makassar dan Kota Parepare.

Diikuti penghargaan APE Kategori Madya Kabupaten Bantaeng, Jeneponto, Luwu Utara, Pangkap, Soppeng, Takalar, Wajo, Gowa, Luwu, dan Kota Palopo. Sedangkan untuk Kategori Pratama Kabupaten Enrekang, Kepulauan Selayar, dan Sidenreng Rappang.

Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, menjelaskan, penganugerahan penghargaan tersebut berdasarkan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional dan pelaksanaan menjadi komitmen bersama pemerintah pusat dan daerah.

“Ini untuk mewujudkan kesetaraan gender dengan cara menerapkan strategi gender di tingkat pemerintah pusat dan daerah,” ungkap I Gusti Ayu, Rabu 13 Oktober 2021.

Sementara itu, Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani, menyampaikan, ucapan terimakasih atas penghargaan dua kali berturut-turut untuk Sulsel dengan Kategori Mentor.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada Menteri PPPA atas penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) untuk Sulsel,” singkat eks Direktur Kemiskinan Mensos RI.

Kepala DP3A Dalduk KB Sulsel, Dr. Hj. Fitriah Zainuddin, M.Kes mengatakan, Penghargaan APE kategori mentor ini merupakan yang kedua kalinya di terima pemerintah provinsi sulsel.

“Alhamdulillah Penghargaan APE kategori mentor untuk tahun kedua saya terima lansung dari mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Republik Indonesia Bintang Puspayoga di Jakarta,”Ungkapnya belum lama ini.

Ia menyebutkan Penghargaan APE kategori mentor yang berhasil dipertahankan untuk kedua kalinya, memasukkan provinsi sulsel sebagai 4 besar.

“Penghargaan APE kategori mentor ini membuat provinsi sulsel masuk dalam 4 besar se-Indonesia, bahkan mengalahkan DKI Jakarta yang turun ke kategori utama,” sebutnya.

Lanjutnya, penghargaan APE kategori mentor yang kembali dapat dipertahankan berkat kerja keras berbagai pihak.

“Kita dapat pertahankan penghargaan ini berkat kerja keras seluruh jajaran DP3A Dalduk KB Sulsel termasuk seluruh pihak terkait lainnya dan tentu arahan dan bimbingan dari Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman,” jelasnya.

Ia menambahkan, Penghargaan ini telah di serahkan Ke Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

“Kami telah menyerahkan penghargaan APE kategori mentor ini ke Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman,” tutupnya. (*)