Jayapura— Evakuasi pertama Senin (30/9) tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Pukul 09.27 Wit. Pesawat Hercules C-130 membawa warga Wamena dengan jumlah sebanyak Dewasa 124 orang, anak anak 37 orang , dan Balita 13 orang.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bersama Sekertaris Daerah Sulsel Abdul Hayat turun langsung ke area landasan pesawat menjemput Warga Sulsel yang tiba.

“Saya bersama bapak Sekertaris Provinsi Sulael mengunjungi pengungsi asal Sulawesi Selatan. Tujuan kami untuk menyampaikan langsung belasungkawa atas jatuhnya korban asal Sulawesi Selatan dan untuk melihat langsung situasi terkini. Juga berkordinasi langsung dengan Forkopinda untuk menjamin kemananan warga Sulsel di Papua,”Jelas Andi Sudirman Sulaiman saat menyampaikan sambutan di hadapan pengungsi asal Sulsel.

Kami paham, bahwa, ada oknum yang menginginkan dan memprovokasi konflik yang terjadi. Saat ini sudah ada jaminan keamanan yang diberikan dari aparat TNI, Polri, dan Pemerintah Provinsi Papua.

“Bersama Bapak Sekda, Kesbangpol, dan Dinas Sosial, kami menjamin kebutuhan warga Sulsel selama di pengungsian dan juga kami memberikan bantuan ke Kabupaten Wamena,” Jelasnya.

Pemprov Sulsel dalam kesempatan ini, juga melihat dan memastikan agar persoalan ini tidak terjadi lagi, dan meyakinkan kepada pengungsi bahwa Pemprov Sulsel akan kordinasi terus menerus dan meperhatikan Warga Sulsel diperantauan.

“Kami ada di ditempat ini, sebagai bentuk komitmen Pemprov Sulsel memperhatikan warganya di Papua atau diperantauan. kita memberikan jaminan keamanan yang layak bagi Warga Sulsel. Kondisi Wamena, berangsur akan terus dilakukan evakuasi, dengan saling bantu membantu akan memudahkan kondisi yang kita alami,” tambahnya.