Atlet PON XX Sulsel Jalani Tes Fisik
KONI Sulsel gelar tes fisik dan kesehatan untuk seratusan atlet yang dipersiapkan akan berlaga pada PON XX Papua 2021 mendatang, bertempat di klinik kesehatan kantor KONI Sulsel, Jl. Sultan Hasanuddin No. 42 kota Makassar.

MAKASSAR—Jelang akhir tahun 2020 KONI Propinsi Sulawesi Selatan melaksanakan tes fisik dan tes kesehatan untuk seratusan atlet yang dipersiapkan akan berlaga pada PON XX Papua tahun 2021 mendatang di klinik kesehatan kantor KONI Sulsel, Jl. Sultan Hasanuddin No. 42 kota Makassar.

Walau hujan deras mendera sepanjang hari Sabtu (19/12/2020) di tengah pelaksanaan tes fisik dan tes kesehatan ini, tak menyurutkan antusias atlet untuk mengikuti tahapan tes fisik dan tes kesehatan tersebut.

Dihari pertama tes, Sabtu (19/12) sejak pagi sekira jam 10.00 wita puluhan atlet nampak sudah mengantri untuk didaftar tes. Secara ketat dengan protokol covid sambil menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dan mengukur suhu tubuh. Mereka diatur dengan berjarak dan menjalani tes secara perorangan maupun berkelompok.

Para atlet ini menjalani 3 tahapan test fisik dan test kesehatan dengan pemantauan langsung tim kesehatan KONI Sulsel yang terdiri dari dokter dan praktisi perawat.

Tes pertama atlet wajib mengukur suhu tubuh terlebih dahulu lalu menjalani tes indeks bahasa tubuh seperti pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan dan pengukuran tekanan darah. Pada tahap tes awal ini adalah untuk memastikan tinggi badan, berat badan dan tekanan darah para atlet normal sesuai standar atlet.

Selanjutnya atlet menjalani pemeriksaan step tes 3 menit yakni memeriksa dan mengevaluasi kebugaran atlet selama 3 menit dengan mengukur detak jantung dan detak nadi menggunakan alat elektronik pendeteksi detak jantung dan nadi.

Dalam test ini, tim medis memasangkan alat pendeteksi di dada dan di lengan atlet, selanjutnya para atlet memulai tesnya meliputi test nadi istirahat, nadi pelatihan dan nadi pemulihan dengan teknik mengatur nafas, duduk tenang dan teknik naik turun bangku selama masing-masing 3 menit.

Pada tahapan akhir, atlet mengikuti tes deteksi dan deformitas dengan mengikuti instruksi tim medis yang juga seorang ahli yang terampil dan terlatih yakni pengukuran kemampuan dan organ pada postur atlet yang tidak normal. Tim medis memeriksa organ vital pada lengan, siku, lutut dan tungkai kaki atlet baik pada saat posisi berdiri maupun pada saat atlet berbaring.

Test fisik yang dipimpin langsung oleh Ketua Pembinaan dan Prestasi Koni Sulsel Prof.Dr. Andi Ihsan M.Kes, yang mengungkapkan, bahwa atlet yang menjalani tes fisik dan tes kesehatan tersebut merupakan atlet yang telah lolos seleksi dan merupakan binaan KONI untuk persiapan PON XX Papua.

“Test ini akan dilaksanakan selama 2 hari yakni dimulai hari sabtu dan berakhir hari minggu esok sebagai salah satu cara menjaga dan mengevaluasi kebugaran dan jasmani atlet kita, agar tetap prima agar bisa melaksanakan latihan dengan baik,” terang Prof. Andi Ihsan.

Direncanakan dalam 2 hari kegiatan akan dilakukan tes terhadap 202 atlet, sementara 99 orang yang berasal dari 19 cabang Olah Raga telah mengikuti rest hari pertama yang berakhir Jam 15.00 wita.

Pada umunya atlet tersebut adalah atlet dari cabang olah raga beregu seperti sepak bola, Bulutangkis, cricket, dayung dll. Sementara cabang olah raga seperti angkat besi, balap motor dan basket tidak hadir dalam test fisik ini karena menjalani latihan di luar Sulawesi Selatan.

Rencana Minggu esok, dijadwalkan atlet dari cabang olah raga perorangan seperti judo, pencak silat, karate, mua thay dll akan menjalani test fisik dan kesehatan yang sama. (*/464ys)

Atlet PON XX Sulsel Jalani Tes Fisik
KONI Sulsel gelar tes fisik dan kesehatan untuk seratusan atlet yang dipersiapkan akan berlaga pada PON XX Papua 2021 mendatang, bertempat di klinik kesehatan kantor KONI Sulsel, Jl. Sultan Hasanuddin No. 42 kota Makassar.