Bastian Lubis: Gubernur Asal Mengangkat Pejabat
Bastian Lubis, Pakar Pemerintahan Universitas Patria Arta. (foto: Patria Arta)

MAKASSAR – Pakar Pemerintahan Universitas Patria Arta, Bastian Lubis menyebut Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) asal mengangkat Pejabat Pelaksana Tugas Inspektorat Sulsel yang saat ini dijabat oleh Salim AR.

“Di sayangkan juga Gubernur kita mengangkat orang yang tidak mengerti gitu loh. Emosinya aja bilang tangkap-tangkap pecat, macam di media-media” kata Bastian belum lama ini.

Menurut dia, Salim AR tidak mengerti tahapan-tahapan pencopotan pejabat, dimana Sesuai aturan PP No 12 Tahun 2017.

Lanjut Bastian, pencopotan tidak asal direkomendasikan. Pemberhentian direkomendasikan jika seseorang pejabat menyalahgunakan wewenangnya.

Namun, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan pelanggaran disiplin PNS. Begitupun jika pada tahap pemeriksaan disinyalir ada kerugian negara, harus diselesaikan di majelis tuntutan ganti rugi terlebih dahulu.

Lebih jauh Bastian mengatakan Rekomendasi Pencopotan juga hanya boleh dikeluarkan oleh Kepala Inspektorat yang memiliki sertifikasi kompetensi auditor ahli. Namum, kata Bastian, Salim sebagai Plt Inspektorat dipastikan belum memenuhi syarat tersebut.

“Mengerti soal PP No 12 Tahun 2017, sehingga berdampak pada rekomendasi yang asal main pecat saja,” terangnya.

Selain itu, bastian Mengaku inspektorat selalu mengumbar hasil Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) ke publik, padahal sifatnya rahasia. Hal tersebut, kata Bastian tertuang dalam PP 12 tahun 2017.

“LHP yang diumumkan ke publik itu melanggar, kalau BPK itu yang umumkan ke publik boleh, kalau enggak boleh ya inspektorat tidak boleh diakan internal ke dalam. Melanggar itu,” sebutnya. [*]