Bintang NBA Kobe Bryant dan Putrinya Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

0
53

Para penggemar olahraga di seluruh dunia kehabisan kata-kata untuk menggambarkan perasaan mereka mengenai kematian pebasket legendaris AS Kobe Bryant (41 tahun).

Bryant dan puterinya Gianna, 13 tahun, termasuk sembilan korban tewas dalam kecelakaan helikopter di luar Los Angeles Minggu (26/1). Mereka dilaporkan sedang dalam perjalanan menuju turnamen basket anak-anak muda.

Bryant diketahui kerap menggunakan helikopter dari rumahnya ke pertandingan-pertandingan di Los Angeles untuk menghindari kemacetan.

Departemen L.A. County Sheriff mengatakan penyelidikan sedang berlangsung, dibantu para pejabat federal. Tapi sejauh ini belum memberi informasi mengenai apa penyebab kecelakaan, termasuk apakah cuaca berkabut Minggu pagi (26/1) turut menjadi faktor penyebab kecelakaan.

Bryant tercatat sebagai salah satu pemain basket profesional terhebat yang pernah menginjakkan kaki ke lapangan. Dia menghabiskan hampir sepanjang karir profesionalnya dengan Los Angeles Lakers — memenangkan lima kejuaraan NBA dan penghargaan Most Valuable Player liga itu pada 2008. Dia adalah penyumbang skor terbanyak keempat sepanjang masa. LeBron James menyalipnya dan menempati peringkat ketiga hanya sehari yang lalu. Lewat Twitter, Bryant memberi ucapan selamat kepada James.

Bryant yang asal Philadelphia, menghabiskan masa kecilnya di Italia di mana ayahnya bermain dalam tim basket profesional setelah berkarir di NBA.

Tak seperti banyak bintang NBA, Bryant tidak berkarir lewat jalur kampus sekembalinya ke AS. Selepas lulus SMA, Bryant langsung direkrut oleh Charlotte Hornets pada 1996 sebelum ditransfer ke Lakers.

Sebagian pencapaian Bryant sepanjang 20 tahun karirnya di NBA termasuk menjadi pemain all-star termuda pada 1998, ketika berusia 19 tahun; mencetak 81-poin pada sebuah pertandingan NBA tahun 2006, poin kedua terbanyak sepanjang masa; dan meraih medali emas Olimpiade pada 2008 dan 2012.

Mantan Presiden Barack Obama, yang menggemari basket, mencuit bahwa Bryant “baru memulai aksi kedua yang berarti” usai karir basketnya.

Kareem Abdul-Jabbar, atlet yang mencetak poin lebih banyak dibanding siapapun dalam sejarah NBA, menyebut Bryant sebagai “sosok yang lebih dari atlet.”

Seorang pemain hebat NBA lainnya, Shaquille O’Neill, tweeted “I’m sick right now.”

Bintang olahraga lain termasuk pemain football Tom Brady dan atlet hoki Wayne Gretzky juga menyampaikan rasa syok. Para fans di pertandingan Pro-Bowl NFL meneriakkan “Kobe….Kobe” ketika kabar mulai tersebar.

Setelah mengumumkan akan pensiun karena cedera, Bryant mencetak 60 poin dalam pertandingan profesional terakhirnya pada 2016.

Puisinya tahun 2017, “Dear Basketball,” di mana dia mengucapkan selamat tinggal kepada Lakers, dijadikan kartun animasi. Bryant mengejutkan audiens ketika menaiki panggung untuk menerima penghargaan Oscar kategori Film Animasi Pendek Terbaik 2018.

Karirnya setelah NBA termasuk mendirikan yayasan amal dan mengelola kamp basket musim panas bagi anak-anak. [voa]