Camat Manggala Bangun Sinergi melalui Rakor Bersama Lurah & LPM

MAKASSAR – Camat Manggala, Syahruddin, S.Sos, M.Adm, Pemb, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama seluruh lurah dan ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se kecamatan Manggala dalam rangka membangun sinergitas, terutama dalam menyikapi pengelolaan dana kelurahan (Dakel).

Dalam pertemuan yang dihelat di kediaman ketua FK LPM Kecamatan Manggala, Senin (8/7/2019) malam dan dikemas dengan santai dan rileks tersebut, turut mendampingi Camat, Sekcam Manggala, H. Andi Emil Yulianto SE.

Ketua FK LPM kecamatan Manggala, Andi Pasamangi Wawo, dalam sambutan pengantarnya mengatakan, bahwa terkait keberadaan dana kelurahan, FK LPM Manggala secara intent terlibat dalam membahas Permendagri No.130 tahun 2018 tentang dana kelurahan.

“Dari awal kami FK LPM terlibat dalam pembahasan rancangan Permendagri 130 ini, terutama apa yang tercantum dalam pasal 7 huruf 2, yang sebelumnya tertera, dilakukan melalui musyawarah antara lurah dan ormas yang ada di kelurahan tersebut, yang kemudian melalui komisi IV DPD RI kita usulkan untuk dirubah menjadi antara lurah dengan LPM,” terang Andi Pasamangi.

Camat Manggala Bangun Sinergi melalui Rakor Bersama Lurah & LPM

Sementara itu Camat Manggala, Syahruddin mengatakan, Pemerintah Kecamatan Manggala awalnya belum memahami secara detail mengenai pendanaan kelurahan yang baru dianggarkan di tahun ini.

“Setelah melakukan rapat bersama stakeholder terkait yakni Kepala Bappeda, Ka BPKAD, dan beberapa Kepala Dinas, dan berkoordinasi dengan Bapak Pimpinan, terkait pendanaan kelurahan, kamipun semakin memahami mengenai gambaran kegiatan tersebut,” ungkapnya.

Camat juga mendorong kepada Lurah dan LPM untuk senantiasa bersinergi serta mengedepankan transparansi dan akuntabilitas dalam mengawal pelaksanaan dana kelurahan yang rencananya akan dijalankan di tahun 2019.

Sementara itu, Anggota DPRD Makassar, Hamzah Hamid yang juga merupakan ketua LPM Batua, berharap seluruh komponen baik di kecamatan maupun di kelurahan mampu bersinergi dan saling mendukung pelaksanaan program termasuk rencana pendanaan kelurahan di tahun 2019 ini.

“Kita punya kearifan lokal. Sebagai suku bugis makassar, budaya sipakatau, sipakainga dan sipakalabbi menjadi landasan kita saling bersinergi menyukseskan pelaksanaan kegiatan ini,” harapnya.

Pada sesi terakhir, Camat Manggala mengatakan, silaturahmi yang mempertemukan Lurah, LPM dan sejumlah stakeholder lainnya, diagendakan dapat berjalan secara rutin, untuk membahas sejumlah permasalahan dan kejadian yang ada di kecamatan Manggala. (464Ys)