Dampak Siklon Tropis Seroja di Indonesia dan Timor Leste
Tentara dan polisi membantu warga melintasi jalan banjir di Malaka Tengah, provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin, 5 April 2021. (Foto: AP/video grab)

MEDIASULSEL.COM—Upaya pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung terhadap sedikitnya 72 orang yang hilang di beberapa pulau terpencil di bagian timur Indonesia, tidak lama setelah sebuah siklon tropis melanda kawasan itu pekan lalu.

Hujan lebat akibat Siklon Tropis Seroja memicu banjir dan tanah longsor yang menghanyutkan jembatan, menumbangkan pohon dan membuat jalan dilapisi lumpur tebal, yang merumitkan upaya awak SAR untuk mencapai desa-desa terpencil. Sedikitnya 128 orang tewas, dengan ribuan orang lainnya mengungsi setelah rumah mereka rusak atau hancur.

Salah satu insiden terburuk terjadi di pulau Lembata, di mana banyak rumah hancur sewaktu hujan melongsorkan lahar yang mengeras di sepanjang lereng gunung berapi Ili Lewotolok.

Siklon Tropis Seroja juga meninggalkan jejak kehancuran serupa di negara tetangga, Timor Leste, menewaskan 27 orang di pinggiran ibu kota, Dili.

Banjir bandang musiman dan tanah longsor menewaskan puluhan orang setiap tahun di Indonesia. Dua insiden tanah longsor di Jawa Barat pada Januari lalu menewaskan 40 orang. [voa]

Seorang pria memeriksa jalan yang rusak setelah diterjang banjir di Dili, Timor Leste, Selasa 6 April 2021. Sejumlah bencana akibat cuaca buruk di kawasan timur Indonesia dan negara tetangga Timor Leste menyebabkan sejumlah orang tewas atau hilang. (Foto AP/Kandhi Barnez)