Bansos Tunai Rp300 Ribu
Program Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp300 ribu.

MEDIASULSEL.COM—Program Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp300 ribu dihentikan. Bansos yang disalurkan sejak Januari ini tak berlanjut karena tak ada lagi anggarannya. Pencairan bansos tunai Rp300 ribu ini terakhir dicairkan pada April 2021.

“Pendistribusian BST masih berjalan hingga April. Adanya BST ini masyarakat merasa sangat terbantu, banyak yang berharap bantuan bisa terus digulirkan,” ujar Ketua Satgas BST PT Pos Indonesia, Haris dikutip seperti dikutip Media Sulsel dari Tribun Jakarta, Kamis 1 April 2021.

Ia mengungkapkan, target penerima Bansos Tunai Rp300 ribu bertambah menjadi 12 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). PT Pos Indonesia tetap akan menuntaskan penyaluran Bansos Tunai di tahap-tahap penyaluran yang tersisa.

“Sisanya harus tetap kita salurkan, karena itu di sisa waktu tahap akhir dari program BST ini yakni di bulan april 2021,” pungkas Haris.

Masyarakat bisa mengecek apakah namanya terdaftar sebagai penerima Bansos Tunai Rp 300 ribu.

Berikut ini cara cek penerima Bansos Tunai Rp 300 ribu dan cara mencairkannya, berdasarkan panduan seperti sebelumnya.

Cara Cek Penerima
  1. Buka laman dtks.kemensos.go.id.
  2. Pilih ID Kepesertaan yang diinginkan. Adapun pilihan yang tersedia yakni NIK, ID DTKS/BDT, Kartu Sembako/BPNT, dan Nomor PBI JK/KIS.
  3. Masukkan Nomor Kepesertaan dari ID yang dipilih.
  4. Masukkan Nama yang sesuai dengan ID yang dipilih.
  5. Masukkan kode yang tertera.
  6. Klik Cari.
  7. Muncul keterangan apakah ID yang diinput terdaftar atau tidak di DTKS.
Cara Mencairkan Bansos Tunai di Kantor Pos

Penerima bansos Rp300 ribu akan menerima surat undangan dari Ketua RT yang wajib dibawa ke kantor pos terdekat untuk mencairkan bantuan. Surat undangan ini berisi barcode serta informasi dasar penerima bantuan.

Saat ke kantor pos, masyarakat wajib membawa surat undangan serta KTP atau Kartu Keluarga. Setiba di kantor pos, tunggu giliran untuk mencairkan bansos Rp300 ribu.

Setelah menunjukkan KTP atau KK serta surat undangan, petugas akan menscan barcode pada surat undangan. Masyarakat akan langsung mendapat bansos Rp300 ribu. Tidak ada potongan apapun saat mencairkan dana bansos Rp 300 ribu di kantor pos.

Warga Jakarta Cairkan di ATM

Bansos Tunai tahap tiga di DKI Jakarta sudah cair mulai Sabtu (3/4/2021). Kabar itu dibagikan oleh akun Instagram Dinas Sosial DKI Jakarta @dinsosdkijakarta, Jumat (2/4/2021). Penerima Bansos Tunai Rp 300 ribu bisa mencairkan di ATM Bank DKI.

“Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap 3 sudah dapat mencairkan melalui ATM Bank DKI mulai 3 April 2021,” tulis akun itu.

Masyarakat yang mencairkan Bansos Tunai di ATM harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Bantuan pengganti

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut total Rp12 triliun telah disalurkan setiap bulan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) selama empat bulan, sejak awal tahun 2021. Per-PKM menerima bantuan tunai sebesar Rp300 Ribu setiap bulannya sampai April 2021.

Mensos Risma mengungkapkan, masyarakat yang masih membutuhkan pertolongan, nantinya bisa mendapatkan bantuan sosial BPNT (bantuan pangan non-tunai) senilai Rp200 ribu.

“Kalau misalkan di daerah masih ada warga yang perlu ditolong, mereka masih bisa mengajukan ke kami, nanti kami bantu dalam bentuk BPNT,” kata Risma. (*)