Dilaksanakan selama 5 hari, Ini Rangkaian Kegiatan UMKM MAJIC
Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulsel Budi Hanoto.

MAKASSAR—Rangkaian pagelaran Karya Kreatif Indonesia (KKI) Tahun 2021, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan melaksanakan event pengembangan UMKM yang diberi tajuk UMKM Maju pada Jaman Pandemi (MAJIC) mulai tanggal 3 sampai 7 Maret, dilaksanakan di atrium trans studio mall.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulsel Budi Hanoto mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya mendorong UMKM bangkit ditengah pandemi covid-19.

“Kondisi Pandemi COVID-19, memberikan tantangan sekaligus peluang terutama bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).Dengan melakukan adaptasi serta peluang untuk meningkatkan usaha terutama di era digital,” ungkapnya, Minggu (7/3).

Ia menyebutkan UMKM MAJIC terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan untuk meningkatkan kapasitas UMKM.

“Kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain pameran, business matching, kurasi produk, fashion show, capacity building dan onboarding UMKM,” sebutnya.

Menurutnya, UMKM MAJIC 2021 akan mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia terutama bagi pelaku UMKM melalui aneka kegiatan capacity Building.

“Pelaksanaan talkshow dengan pemateri berkompeten mendorong UMKM meningkatkan pengetahuan terutama dalam kurasi produk untuk meningkatkan dari sisi nilai produk UMKM serta sisi manajemen dalam memajukan kegiatan usahanya. Dari sisi pembiayaan, juga menghadirkan talkshow pembiayaan yang memudahkan akses informasi bagi UMKM terhadap produk pembiayaan,” ucapnya.

Lebih jauh, Ia menjelaskan pelaksanaan onboarding berupa pelatihan akan menjadikan UMKM siap berusaha di era digital.

“UMKM siap berusaha di era digital. Selain itu, membantu akses pasar dengan menghubungkan UMKM ke dalam marketplace yang membantu pemasaran produk UMKM secara digital. Sementara itu dari sisi transaksi, mendorong kemudahan transaksi bagi umkm dengan fasilitasi pembayaran non tunai menggunakan QRIS,” sambungnya.

Budi menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan akan mendorong UMKM untuk terus maju dan naik kelas.

“Kapasitas UMKM yang meningkat melalui pelatihan serta fasilitasi akses pasar dan kesiapan menuju era digital menjadi role model dalam membantu peningkatan usaha UMKM dari sisi kualitas produk serta penjualan melalui showcase UMKM, platform marketplace serta e-catalog dalam website Karya Kreatif Indonesia,” tambahnya.

“Kegiatan ini merupakan sinergi antara Bank Indonesia dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Selatan, beberapa perbankan anggota Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) dan Bank Sulselbar,yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan,” tutupnya. (*)