Dinas PMD Gandeng PKK Sulsel Gelar Bimtek Penguatan Ketahanan Pangan Keluarga

Dinas PMD Gandeng PKK Sulsel Gelar Bimtek Penguatan Ketahanan Pangan Keluarga
Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sulawesi Selatan (Sulsel) bekerjasama dengan PKK Sulsel menggelar Bimtek Penguatan Ketahanan Pangan Keluarga Melalui Gerakan Aku Hatinya PKK, Pekarangan Hidup Sehat Rumah Pangan Lestari, di Hotel Ramedo Makassar, Senin, 29 Agustus 2022.

MAKASSAR—Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sulawesi Selatan (Sulsel) bekerjasama dengan PKK Sulsel menggelar Bimtek Penguatan Ketahanan Pangan Keluarga Melalui Gerakan Aku Hatinya PKK, Pekarangan Hidup Sehat Rumah Pangan Lestari, di Hotel Ramedo Makassar, Senin, 29 Agustus 2022.

Usai bimtek, diharapkan PKK dapat menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah mereka untuk ketahanan pangan.

Ketua TP PKK Sulsel yang diwakili Ketua Bidang III, Hamdaniah Irawan Bintang, menyampaikan, bimtek ini dilaksanakan untuk meningkatkan sumberdaya manusia melalui pemanfaatan lahan pekarangan, dan peningkatan perekonomian masyarakat dengan ketahanan dan keamanan pangan.

Selain itu, untuk memanfaatkan potensi sumber daya keluarga dalam pemenuhan kebutuhan keluarga akan pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman.

“Juga sebagai diversifikasi pangan lokal, dan optimalisasi pemanfaatan pangan lokal di lahan pekarangan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Aku Hatinya PKK adalah program yang menggerakkan masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan. Maka, sangat penting membudidayakan Aku Hatinya PKK untuk menciptakan ketahanan keluarga melalui tanaman produktif.

Berita Lainnya

“Mulai dari holtikultura, perikanan, peternakan, lumbung hidup, warung hidup, hingga apotek hidup,” urainya.

Dinas PMD Gandeng PKK Sulsel Gelar Bimtek Penguatan Ketahanan Pangan Keluarga
Muhammad Saleh, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara, Kepala Dinas PMD Sulsel, Muhammad Saleh, mengatakan, program PKK ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat di tingkat desa. Khususnya dalam meningkatkan ketahanan pangan.

“Tentu kita harapkan peran PKK di Pokja tiga sampai ke tingkat desa. Sehingga, masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan mereka untuk hal yang produktif,” kata Saleh, sekaligus membuka Bimtek. (*)

Lihat Juga:  Kadisdik Sulsel: Secara umum PPDB tahun ini berjalan lancar

Berita terkait