Dishub Terjunkan Tim di Terminal untuk Pastikan Sopir Angkutan Taat Prokes
Dishub Sulsel intens melakukan sosialisasi penanganan covid-19. Salah satunya kepada terhadap sopir Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP).

MAKASSAR—Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel intens melakukan sosialisasi penanganan covid-19. Salah satunya kepada terhadap sopir Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP).

Kepala Bidang Angkutan Dishub Sulsel H Andi Muh Anis menerangkan, aksi itu sudah dilakukan sejak tahun lalu, selama pandemi covid-19 terjadi.

Setiap hari, kata Anis, pihaknya menurunkan beberapa anggota di dua terminal besar di Makassar yakni Terminal Regional Daya dan Terminal Malengkeri.

Para petugas dari Dishub tersebut bertugas memastikan semua angkutan kota baik di dalam maupun antar provinsi mematuhi protokol kesehatan.

“Jadi petugas kami yang turun memastikan seluruh penumpang maupun para sopir mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Lebih jauh dikemukakan, protokol kesehatan yang dimaksud adalah mereka mengenakan masker dengan baik dan benar, senantiasa menjaga kebersihan diri salah satunya dengan cuci tangan menggunakan sabun maupun hand sanitizer. Dan yang terpenting adalah menjaga jarak dalam angkutan umum.

“Berdasarkan aturan, maksimal hanya bisa mengangkut 50 persen dari jumlah seat atau tempat duduk yang ada,” jelas Anis.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muh Arafah mengatakan sesuai instruksi gubernur, sosialisasi penangan covid-19 terhadap para penumpang dan sopir angkutan darat harus dilaksanakan seluruh kabupaten/kota di bawah leading sektor Dinas Perhubungan masing-masing.

Selain itu, pihaknya juga harus memastikan jika seluruh sopir angkutan sudah divaksin covid dan rutin melakukan swab antigen.

“Aksi itu juga jalan. Seperti yang dilakukan di Terminal Tana Toraja oleh Dishub setempat,” kata Muh Arafah.

Dia menekankan agenda ini sangat penting untuk memastikan tidak ada penyebaran virus korona dari aktifitas berkendara dari satu tempat ke tempat lain.

Dia memastikan kegiatan ini akan terus berlanjut sampai dipastikan kondisi sudah membaik. (*)