Beranda » Daerah » FKM Unhas Gandeng ASABRI Bangun Fasilitas MCK Umum
Daerah

FKM Unhas Gandeng ASABRI Bangun Fasilitas MCK Umum

JENEPONTO –Mahasiswa Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menggandeng PT. ASABRI membangun 35 fasilitas MCK yang tersebar di 7 dusun di Desa Garassikang, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Menurut dosen supervisor PBL, Nur Arifah, S.KM, MA, pembangunan fasilitas MCK umum ini merupakan bagian dari program kerja mahasiswa, yang peresmiannya dilakukan secara simbolis, Selasa (30/1) setelah seminar hasil di dua kecamatan yaitu Kecamatan Bangkala Barat dan Kecamatan Tamalatea.

Pembagunan 5 fasilitas MCK di setiap dusun itu diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat setempat terhadap fasilitas jamban yang sehat dan layak.

“Mahasiswa telah berupaya menjalin kerja sama dgn pihak PT. ASABRI (Asuransi ABRI) Persero Cabang Makassar dalam pengadaan fasilitas MCK ini dan kita berharap agar warga menggunakan dan merawatnya”, kata dr. Devintha Virani, M.Kes., Sp.GK, dosen supervisor PBL Desa Garassikang.

Diharapkan dengan adanya fasilitas MCK ini, perilaku Buang Air Besar (BAB) masyarakat dapat berubah sehingga dapat meningkatan derajat kesehatan masyarakat.

“Mahasiswa telah melakukan sejumlah kegiatan berupa edukasi tentang kepesertaan JKN, bahaya perilaku merokok pada remaja, upaya membudayakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Perilaku Hidup Bersih (PHBS), bahaya Narkoba,” jelas Nur Arifah.

Nampak turut hadir dalam peresmian ini antara lain jajaran Direksi PT Asabri, Koramil, Kapolsek Bangkala Barat, Kepala Puskesmas, Pengelola PBL dan dosen supervisor PBL FKM Unhas, serta kepala dusun dan warga Desa Garasikkang.

Pimpinan FKM Unhas yang diwakili Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, PhD dan didampingi oleh Ketua Prodi S1 Kesehatan Masyarakat, Dr. Stang, M.Kes. berkesempatan melakukan kunjungan PBL di dua kecamatan tersebut yaitu di Kecamatan Bangkala Barat dan Kecamatan Tamalatea.

Prof. Sukri atas nama pimpinan Fakultas mengaku sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa demikian pula dukungan kerjasama para stakeholder dan pemerintah daerah. (*/464ys)