MAKASSAR—Gempa bumi berkekuatan 4,4 Skala Richter menggoyang Kota Mamuju, Sulawesi Barat, Minggu malam (31/1/2021) pukul 20.13 Wita. Gempa ini berpusat di Timur Laut Majene, Sulawesi Barat pada kedalaman 14 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan, SSi, MSi mengatakan, wilayah Majene dan sekitarnya diguncang gempa bumi Tektonik. Berdasarkan hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,4 Magnitudo.

“Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4.4 Episenter terletak pada koordinat 3.14 LS dan 119.09 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 45 Km Timur Laut Majene, Sulawesi Barat pada kedalaman 14 km,” ” ungkapnya dalam rilisnya, Minggu (31/1/2021).

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” jelasnya.

Sebelumnya, gempa magnitudo 5,9 juga telah mengguncang wilayah Mamuju dan Majene, pada Kamis (14/1) siang. Kemudian pada hari Jumat (15/1/2021) pukul 02.28 Wita Gempa berkekuatan 6,2 SR terjadi di Majene, Sulawesi Barat. Sejumlah warga mencari lokasi dataran tinggi, karena khawatir adanya gempa yang memicu tsunami, meski BMKG telah merilis bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. (*)