Gerah Dengar Istilah Cashback Dana Publikasi, DPRD Makassar Persilahkan APH Usut

Gerah Dengar Istilah Cashback Dana Publikasi, DPRD Makassar Persilahkan APH Usut
Silaturahmi pimpinan media dengan jajaran Sekretariat DPRD Makassar yang turut dihadiri Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo, Kamis (31/3/2022).

MAKASSAR—Sekretariat DPRD Makassar gerah mendengar keluhan sejumlah pimpinan media terkait dengan istilah cashback atau pengembalian sejumlah uang dari biaya kerjasama publikasi, dan diberikan untuk oknum pejabat di lingkup DPRD Makassar.

Pembicaraan terkait dengan pemberian cashback itu terungkap dalam silaturahmi pimpinan media dengan jajaran Sekretariat DPRD Makassar yang turut dihadiri Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo.

Dari pembicaraan itu, DPRD Makassar juga mempersilahkan Aparat Penegak Hukum (APH) untuk mengusut dugaan permintaan cashback dari oknum tertentu di lembaga tersebut yang dinilai merusak citra institusi.

“Saya saat masuk ke sini (sebagai sekretaris DPRD Makassar) baru mendengar istilah itu (cashback). Dan ke depannya insya Allah hal ini akan menjadi perhatian kami untuk menertibkan oknum-oknum yang melakukan hal itu,” kata Sekretaris DPRD Makassar, Dahyal, Kamis (31/3/2022).

Lebih lanjut dia menyebutkan, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan internal terkait dengan isu cashback yang berkembang di kalangan media tersebut.

Untuk meminimalisir terulangnya praktik-praktik dengan istilah cashback itu, Dahyal mengaku pihaknya juga melakukan verifikasi lebih ketat untuk kerjasama publikasi media tahun ini, di bawah koordinasi langsung Kepala Bagian Umum DPRD Makassar Muhajir.

Berita Lainnya

“Kami melakukan verifikasi lebih ketat terkait media yang menjadi mitra kerjasama media, mulai tahun ini. Langkah ini juga diharapkan agar profesionalistas media terjaga dan kerja di Sekretariat DPRD juga berjalan baik,” kata Dahyal.

Kabag Umum DPRD Makassar Muhajir menyebutkan, pihaknya sejauh ini masih melakukan verifikasi terhadap penawaran kerjasama media yang telah masuk. Ada standar minimal ditetapkan, seperti perusahaan media berbadan hukum dan menjalankan aktivitas jurnalistik secara berkelanjutan.

“Terkait dengan keluhan teman-teman media soal yang dinamakan cashback itu, akan menjadi perhatian kami. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada media-media yang telah menyiarkan informasi terkait dengan kerja-kerja wakil rakyat dalam mengawal pemerintahan di Kota Makassar ini berjalan baik.

“Terima kasih juga terhadap kritik yang ada kepada kami. Media harus berada pada jalur yang tepat, turut berpatisipasi aktif menjaga agar kerja eksekutif dan legislatif berjalan baik untuk kepentingan masyarakat,” terangnya.

Disinggung tentang keluhan media terkait dengan istilah cashback, dia menyerahkan sepenuhnya pada jajaran Sekretariat DPRD Makassar yang baru ini untuk melakukan evaluasi. “Kalau perlu lakukan evaluasi internal secara menyeluruh,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait