Beranda ยป Olahraga ยป Gojukai Indonesia Komda Sulsel Akan Gelar Gashuku dan Ujian Tingkatan Kyu di Sidrap
Olahraga

Gojukai Indonesia Komda Sulsel Akan Gelar Gashuku dan Ujian Tingkatan Kyu di Sidrap

MAKASSAR – Pengurus Karate-Do Gojukai Indonesia Komisariat Daerah (Komda) Sulawesi Selatan, rencananya akan menggelar Gashuku (Seminar Tehnik) dan Ujian Tingkatan Kyu (tingkat sabuk putih hingga coklat) di Ballroom Al-Goni Hotel Grand Sidny, Sidrap, 24 hingga 25 Pebruari 2018.

Dalam kegiatan yang rencananya melibatkan peserta dari cabang Sidrap, Wajo dan Parepare ini, menurut penanggung jawab kegiatan, Andi Sugiarno Bahri, SE yang juga merupakan Ketua Umum Karate-do Gojukai cabang Sidrap, pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk penyeragaman kemampuan dan penguasaan standar teknik-teknik Gojukai secara Nasional dan Internasional.

Selain itu Lanjut Andi Sugiarno juga merupakan wadah untuk melaksanakan pelatihan teknik-teknik terbaru yang diajarkan oleh International Karate-do Gojukai Association yang berkantor pusat di Jepang, serta menguji kemampuan penguasaan teknik-teknik untuk menyandang tingkatan yang lebih tinggi dan mempersiapkan karateka mengikuti gashuku dan ujian nasional tingkat DAN.

Menurut Sekretaris Dewan Guru Karate-do Gojuki Sulsel, Ismail Alrip, SH, M.Kn, pembukaan Gashuku dan Ujian Tingkatan Kyu yang akan dilaksanakan Sabtu (24/2) nanti, rencananya akan dihadiri dan dibuka langsung oleh ketua umum Karate-do Gojukai Indonesia Komda Sulsel, H. Rusdi Masse (RMS), yang juga merupakan ketua DPW Partai NasDem Sulsel.

“Rencananya kegiatan kali ini akan dibuka langsung oleh bapak RMS selaku ketua Umum Gojukai Komda Sulsel, sedangkan Gashuku atau seminar tekniknya akan dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Guru, Komda Sulsel, Shihan Prof. Musakkir, SH, MH, pemegang DAN 6 IKGA, yang juga merupakan guru besar Fakultas Hukum Unhas,” terang Ismail yang merupakan pemegang DAN 5 IKGA, kepada mediasulsel.com, Kamis (22/2).

Selain itu lanjut Ismail dalam pembukaan kegiatan ini juga akan dimeriahkan dengan sejumlah atraksi teknik-teknik Gojuryu dan berbagi ilmu serta pengalaman yang dilakukan oleh karateka-karateka juara dunia, yang sengaja dibawa rombongan pengurus Karate-do Gojuki Komda Sulsel ke Sidrap.

Melalui kegiatan ini menurut Ismail juga akan dijadikan sebagai tonggak bagi kepemimpinan Rusdi Masse selaku ketua Umum dan Shihan Prof. Musakkir sebagai ketua Dewan Guru Komda Gojukai Sulsel untuk membawa Gojukai Sulsel semakin berjaya dan berkembang, serta diharapkan lebih mampu lagi mengharumkan nama Sulsel dan Indonesia, baik dalam event nasional maupun Internasional.

“Pada intinya jajaran pengurus Gojukai Komda Sulsel pada umumnya, berharap duet RMS dan Shihan Prof. Musakkir ini dapat melahirkan semakin banyak karateka yang mengikuti atau bahkan melampui rekor prestasi yang telah ditorehkan trio Faizal, Aswar dan Fidelys, yang telah mendunia,” pungkas Ismail.

Sementara itu saat dihubungi terpisah, Ketua Dewan Pembina Karate-do Gojukai Cabang Sidrap, Syaharuddin Alrif, S.IP mengaku sangat mendukung pelaksanaan event Gashuku di Sidrap tersebut, karena menurut Wakil Ketua DPRD Sulsel ini, seluruh kegiatan Gashuku, Ujian, Pertandingan, pelatihan wasit dan juri serta latian rutin merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam melakukan pembinaan dan pengembangan perguruan karate-do Gojukai dan secara umum dalam rangka pembentukan karakter dan fisik generasi masa depan.(*/464ys)