Beranda » Olahraga » Trio Karateka Juara Dunia Akan Meriahkan Pembukaan Gashuku Gojukai di Sidrap
Olahraga

Trio Karateka Juara Dunia Akan Meriahkan Pembukaan Gashuku Gojukai di Sidrap

MAKASSAR – Trio Karateka Juara Dunia yang terdiri dari Faizal, Aswar dan Fidelys, dipastikan Sabtu (24/2) akan hadir di Sidrap untuk memeriahkan pembukaan Gashuku dan Ujian Tingkat Kyu, Karate-do Gojukai Indonesia Komisariat Daerah (Komda) Sulawesi Selatan, dengan menampilkan sejumlah atraksi Teknik-teknik Gojuryu.

Kepastian itu disampaikan langsung, Sekretaris Dewan Guru Gojukai Komda Sulsel, Ismail Alrip, SH, M.Kn, yang juga merupakan pemegang DAN 5 IKGA, kepada mediasulsel.com, Kamis (22/2) sore.

Kehadiran trio juara dunia itu lanjut Ismail selain untuk melakukan atraksi juga untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada karateka-karateka muda Sulsel yang hadir dalam kegiatan tersebut, sehingga ke depan akan semakin banyak karateka-karateka yang dapat mengikuti jejak dan bahkan melampaui rekor prestasi yang dicapai oleh trio Faizal, Aswar dan Fidelys yang sudah mendunia itu.

Untuk diketahui sepanjang karir karatenya, trio Faizal, Aswar dan Fidelys bukan hanya mampu mengharumkan nama Sulsel di kancah Nasional, namun torehan prestasinya mampumelambungkan nama Sulsel dan Indonesia hingga tingkat dunia Internasional.

Dari catatan yang dihimpun mediasulsel.com segudang prestasi tersebut diantaranya untuk level Nasional adalah meliputi; Juara I PON 4 kali berturut-turut yaitu PON 2004 di Palembang, Sumatera Selatan, PON 2008 di Samarinda, Kalimantan Timur PON 2012 di Pakanbaru, Riau dan PON 2016 di Bandung Jawa Barat. Selain itu Trio ini juga berhasil menjuarai piala Kasad sebanyak 5 kali berturut-turut yaitu pada tahun 20016, 2008, 2010, 2012 dan 2014.

Sedangkan untuk level Regional sejumlah prestasi yang telah diraih antara lain; meraih medali emas pada Sea Games 2007 di Thailand, Sea Games tahun 2009 di Laos, dan Sea Games 2011 di Indonesia, meraih medali perak pada Sea Games tahun 2005 di Philipina, dan medali Perunggu pada Sea Games tahun 2013 di Myanmar.

Sementara itu untuk level Dunia sejumlah kejuaraan yang telah pernah dimenangi oleh Trio ini adalah meliputi : Juara I Kejuaran Dunia IKGA di Rotterdam Belanda tahun 2005 dan Cape Town Afrika Selatan tahun 2009. Juara I WKF Preamier League Austria 2006, Turkey tahun 2011 dan Jakarta di tahun 2012. Juara 2 AKF Uzbekistan, Juara 3 Italy Open tahun 2011, Juara 1 Victory Open di Melbourne, Australia tahun 2006, Juara 3 AKF 2009 Guanzou China, Juara 1 Victory Open Dimalmo Swedia, Juara 1 Venicia Open Italy 2013, Juara 1 Islamic Solidarity tahun 2013 dan Juara 1 Asia Pasifik di Jakarta tahun 2015, serta Juara 1 Vietnam Open tahun 2016.

Dalam kesempatan berbeda salah satu dari anggota Trio Juara Dunia, Aswar, Spd menyampaikan, bahwa dia beserta kedua rekannya tersebut saat ini sudah tidak lagi bergabung dengan Pelatnas, dan memutuskan untuk fokus pada karir masing-masing, yaitu Aswar, S.Pd bersama Faizal Zainuddin, SH, mengabdi pada Dinas Kesbangpol Provinsi Sulsel, sementara Fidelys Lolobua, S.Sos, mengabdi di Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel.

Selain itu mereka bertiga juga tetap tidak meninggalkan dunia yang telah membesarkan namanya, yaitu dengan menjadi pelatih di perguruan Gojukai Sulsel, serta melatih atlet-atlet Forki Sulsel, untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

Terkait perkembangan karateka Gojukai, karateka Sulsel dan juga karateka Timnas Indonesia Aswar berharap, untuk dapat terus berlatih secara sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab dengan terus mengikuti perkembangan karate dunia (WKF) serta tidak mudah menyerah, selain itu lanjut Aswar Karateka juga harus senantiasa meningkatkan kemampuan fisik, teknik dan mental bertanding dan selalu percaya diri, sehingga kemampuan yang dimiliki dapat ditampilkan dengan baik serta selalu berdoa agar diberikan kesuksesan.

“Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya, sukses yang dicapai atlit, tidak lepas dari kekompakan pengurus organisasi karate, baik pengurus masing-masing perguruan maupun pengurus FORKI, karena dengan adanya dukungan pengurus akan semakin mendongkrak motivasi dan konsentrasi atlet baik dalam berlatih maupun dalam bertanding, sehingga dapat lebih percaya diri dalam mengikuti setiap kompetisi,” pungkas Aswar. (*/464ys)