SOPPENG, Karatedo Gojukai Komesariat daerah (komda) Sulawesi Selatan, Cabang Kabupaten Soppeng, menggelar Gashuku dan ujian kenaikan tingkat yang diikuti 156 karateka di Gedung Koni Soppeng, Minggu (23/2).

Kegiatan tersebut dipimpin Dewan Guru Gojukai Komda Sulsel, Ismail alrip didampingi komisi Teknik Komda Sulsel, Aswar, S.Pd Dan 4 IKGA dan ketua komisi teknik Cabang Kab Soppeng Abdullah lisa, serta puluhan majelis sabuk hitam.

Dalam kesempatan tersebut, Ismail mengatakan, bahwa salah satu ajaran Bushido (Kode etik ksatria) yang harus diperhatikan setiap karateka adalah sikap kesetiaan yaitu Setia kepada perguruan dan guru. Karateka yang memainkan kata perguruan lain dalam kegiatan perguruannya dan melupakan jasa-jasa gurunya adalah contoh karateka yang tidak menjalankan ajaran sikap kesetiaan dengan baik.

“Satu ajaran Bushido yang harus senantiasa diperhatikan adalah kesetiaan, yaitu setia ke perguruan dan guru, melupakan perguruan dan jasa-jasa guru, adalah contoh karateka yang tidak menjalankan bushido” tegas Ismail.

Usai kegiatan, keluarga besar Gojukai Komda Sulsel juga menyerah bantuan Rp 5.350.000,- kepada keluarga Sainal, salah seorang anggota sabuk hitam cabang kabupaten Soppeng yang mengalami musibah kebakaran rumah. (*/464ys)