BONE – Didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H,Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Layanan Perpustakaan Kabupaten Bone yang berlokasi di Watampone Green Epicentrum ex Lapangan Persibo Bone, Jum’at (8/1/2021).

Gubernur Sulsel Mengaku sangat mengapresiasi dibangunnya Gedung layanan perpustakaan di lokasi ini yang menyatu dengan ruang terbuka hijau Watampone Green Episentrum.

“Bagus sekali ini, ada juga perpustakaan di sini,jadi masyarakat yang datang joging, atau berwisata menikmati keindahan taman/ ruang terbuka hijau Watampone Green Episentrum ini, dapat singgah membaca buku di Gedung Layanan Perpustakaan ini.”Ungkapnya.

Gubernur Nurdin Abdullah juga mengatakan Watampone Green Epicentrum ini adalah sebuah alun-alun yang sangat indah.

“Mudah- mudahan ini berkah bagi masyarakat Bone dan bisa dimamfaatkan semaksimal mungkin” harapnya.

Sementara itu Kepala DPK Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan Sijaya, S.H., M.H,Mengatakan pembangunan gedung perpustakaan ini menggunakan anggaran sebesar Rp 10 Milyar.

“Gedung perpustakaan ini dibangun dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan, Sub Bidang Perpustakaan dari Perpustakaan Nasional RI senilai Rp 10 Milyar,”Ungkapnya.

Ia Menjelaskan Gedung akan berlantai dua dengan berbagai fasilitas didalamnya.

“Perpustakaan ini akan dibangun dua lantai,dengan berbagai fasilitas didalamnya serta koleksi bukunya,”Jelasnya.

Kadis DPK sulsel berharap,Perpustakaan ini bisa dimamfaatkan sebaik mungkin.

“Kita harap hadirnya perpustakaan ini,akan dimamfaatkan dengan baik untuk peningkatan pengetahun dan kecerdasan masyarakat.”Tutupnya.

Pada kegiatan ini Kadis DPK sulsel menyerahkan Piagam Penghargaan dari Perpustakaan Nasional RI kepada 3 Perpustakaan Desa dari Kabupaten Bone yang meraih prestasi sebagai Perpustakaan Desa Terbaik Tingkat Nasional dalam Implementasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial tahun 2020 yang diterima Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bone A. Mappangara.

Ketiga perpustakaan tersebut adalah Perpusdes Al-Alshar desa Ulaweng Cinnong Kecamatan Ulaweng, Perpusdes Cerdas Desaku Desa Usa Kecamatan Palakka dan Perpusdes Mattiro Deceng Desa Watu Kecamatan Barebbo. [*]