Penyerahan penghargaan piala Paritrana Award tahun 2019 dilakukan langsung oleh Direktur Utama BPJS Wilayah Sulsel Maluku Toto Suharto yang diterima Gubernur Sulsel diruang kerjanya, Senin (28/9/2020).

MAKASSAR – Pemrpov Sulsel mendapatkan piala Paritrana Award tahun 2019 dan sebuah mobil mini bus atas Juara 2 penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tingkat Nasional kategori Provinsi.

Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Direktur Utama BPJS Wilayah Sulsel Maluku Toto Suharto yang diterima Gubernur Sulsel diruang kerjanya, Senin (28/9/2020).

Toto Suharto mengatakan Pemerintah Provinsi Sulsel berhasil meraih juara dua atas dukungan dan supportnya dalam mengsukseskan program BPJS Ketenagakerjaan.

“Jadi penghargaan paritrana award diwilayah sulawesi maluku ditahun kedua ini, pemerintah provinsi sulsel berhasil meraih juara kedua setelah sulawesi utara atas support dan dukungannya baik pemprov maupun pemerintah daerah di sulsel dalam mendukung program BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK),” ungkapnya.

Ia menjelaskan selama ini pemprov sulsel melalui Gubernur Sulsel telah mengeluarkan peraturan gubernur dalam mendorong keikutpesertaan masyarakat dalam program BPJamsostek.

“Pak Gubernur termasuk Sekda Provinsi sangat mensupport program BPJS Ketenagakerjaan dengan mendorong seluruh pekerja baik formal maupun informal masuk dalam kepesertaan BPJamsostek yang hingga saat ini sudah mencapai 54 persen,” jelasnya.

Direktur Utama BPJS Wilayah Sulsel Maluku Toto Suharto lebih jauh mengaku Gubernur Sulsel menginginkan agar keikut pesertaan bisa meningkat hingga 60 persen lebih.

“Gubernur Sulsel menginginkan keikutsertaan bisa meningkat hingga 60 persen lebih, tapi memang banyak kendala diantaranya belum banyak pelaku UKM yang masuk, di pemerintah daerah untuk Non ASNnya belum terdaftar semua. Ini juga menjadi perhatian semua pihak termasuk Sekreataris Daerah Provinsi Sulsel,” ucapnya.

Ia menambahkan hingga saat ini di Provinsi Sulsel paling banyak keikutsertaan BPJamsostek yakni, kota Makassar sudah sekitar 60 persen karena disini memang kawasan industri menyusul Parepare, Pangkep, Barru dan Maros.

“Saat ini BPJamsostek terus melakukan berbagai terobosan termasuk adanya relaksasi asuransi, untuk mengurangi beban masyarakat, apalagi ditengah pandemi covid-19,” tutupnya.

Penyerahan satu Unit Mobil dari dilakukan langsung oleh Direktur Utama BPJS Wilayah Sulsel Maluku Toto Suharto yang diterima Gubernur Sulsel diruang kerjanya, Senin (28/9/2020).

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah sepakat mendorong kenyamanan seluruh pekerja di Sulsel dengan Deputi Direktur Wilayah BP JAMSOSTEK Sulawesi-Maluku, Toto Suharto.

“Kita ikut berpartisipasi dalam rangka mendorong kenyamanan kepada seluruh pekerja. BPJS ini adalah salah satu tugasnya dalam memberikan jaminan keselamatan kerja,” ungkapnya.

Menurut dia, BPJS ketenagakerjaan sangat penting sebagai jaminan kesehatan bagi masyarakat Sulsel, sebab tidak diminta-minta terjadi kecelakaan atau meninggal dunia.

“Jadi kalau terjadi apa-apa bagi para pekerja ada BPJS. Apalagi kita tidak minta-minta kalau terjadi kecelakaan dan meninggal ada yang back up BPJS untuk keluarga yang ditinggalkan, demikian juga yang kecelakaan kerja BPJS hadir PT. Jamsostek,” jelasnya.

Menurut dia, pertemuan dengan PT. Jamsostek hari ini banyak membahas mengenai strategi dalam menciptakan jaminan kesehatan bagi masyarakat Sulsel.

“Jadi saya mengikuti ujian meja tentang strategi-strategi apa dalam rangka menciptakan jaminan keselamatan kerja di Sulawesi Selatan, terutama dalam rangka mendorong BPJS hadir di semua pekerja. Semua negara asuransi itu penting, karena itu penting baik yang bekerja di sektor formal maupun informal,” tutupnya. (*)