Beranda ยป Makassar ยป Haris: Penerapan Teknologi Digital akan Tingkatkan Mutu Pelayanan Publik
Haris: Penerapan Teknologi Digital akan Tingkatkan Mutu Pelayanan Publik
Makassar

Haris: Penerapan Teknologi Digital akan Tingkatkan Mutu Pelayanan Publik

MAKASSAR – Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik Abd Haris, membuka Focus Grup Discusion (FGD) Integrasi sistem Baruga Sulsel dan Lapor Span Kabupaten dan Kota se Sulsel di hotel Grand Asia, Kamis (15/11/2018).

Abd Haris mengatakan, perkembangan teknologi di era digital telah merambah ke semua lini, baik dunia bisnis maupun kepemerintahan karena dapat dikendalikan dan dipantau dimana saja.

“Era perkembangan tekhnologi digital telah berkembang dan merambah ke semua lini. Termasuk pemerintahan, karena memudahkan untuk dipantau dan dikendalikan,” kata Haris.

Pemerintah dengan era digital ini harus merubah paradigma yang cenderung tertutup ke terbuka.”Sebab arus informasi begitu cepat dan mudah diakses. Bahkan di negara maju penggunaan kertas sudah mulai berkurang,” lanjutnya.

Abd Haris mengaku penggunaan teknologi akan mengarah pada smart goverment sekaligus meningkatkan mutu pelayanan publik.

“Sistem yang berbasis elektronik akan meningkatkan mutu pelayanan karena lebih efektif, efisien serta lebih memudahkan masyarakat,” imbuhnya.

Berdasarkan laporan, saat ini ada sekitar 300 aduan yang masuk ke Baruga Sulsel baik yang sifatnya berat maupun ringan, yang selajutnya disampaikan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Melalui kegiatan ini, seluruh peserta diharapkan akan mendapatkan pemahaman terkait Baruga Sulsel serta respon penanganan setiap aduan yang masuk,” pungkas Haris.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Layanan e-Government, Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, dan Persandian (KISP) Sulsel, Lukmanuddin menambahkan, sasaran yang ingin dicapai adalah peningkatan pelayanan publik yang efisien dan efektif.

Kegaiatan ini menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya. Termasuk anggota Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D) Jayadi Nas.

“Materi-materi yang disampaikan diantaranya, Peran TP2D dalam mendorong percepatan program,implementasi E Goverment, mekanisme aplikasi baruga sulsel dan proses aduan serta tindak lanjutnya, serta integrasi Baruga Sulsel ke lapor span kabupaten dan kota se Sulsel,” tutup Jayadi. [*/ald]