Indonesia Dukung Palestina, AS Ancam Cabut Bantuan Keuangan

 

JAKARTA – Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley memperingatkan bahwa negaranya akan mencatat negara-negara yang mendukung resolusi yang mengutuk keputusan Presiden Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Pemerintah Indonesia menyatakan tetap mendukung resolusi PBB untuk menentang pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel, walaupun AS mengancam akan mencabut bantuan keuangan bagi negara-negara yang mendukung resolusi tersebut.

Dilansir dari BBC Indonesia, Juru bicara Istana Kepresidenan, Johan Budi mengatakan, sikap Indonesia tidak akan berubah dan tetap konsisten menolak penetapan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

“Indonesia tetap konsisten sejak dulu dalam mendukung kepentingan rakyat Palestina,” kata Johan Budi kepada BBC Indonesia, Kamis (21/12).

Sementara itu, menurut Bapenas, progam hibah AS di Indonesia sejauh ini didominasi bantuan kesehatan, pendidikan dan lingkungan yang angkanya sekitar US$432 juta sejak tiga tahun lalu. .

Sebelumnya, Presiden AS, Donald Trump, lewat Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley mengancam memutuskan bantuan keuangan kepada negara-negara yang mendukung resolusi PBB untuk menentang Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

“Mereka mengambil jutaan dolar dan bahkan miliaran dolar dan mereka memberi suara yang menentang kita,” kata Trump.

Nikki Haley juga mengatakan bahwa Presiden Trump secara langsung memintanya untuk melaporkan negara-negara yang melawan kebijakan Amerika pada pemungutan suara nanti. [*/4ld]

0 Comments

Komentar Anda

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register