Beranda ยป Inspirasi ยป Inilah Dampak Berbahaya dari Korban Pelecehan Seksu4l
Inilah Dampak Berbahaya dari Korban Pelecehan Seksu4l
Ilustrasi
Inspirasi

Inilah Dampak Berbahaya dari Korban Pelecehan Seksu4l

INSPIRASI – Kalian udah tau belum apa itu pelecehan seksu4l? Pelecehan seksu4l adalah segala macam bentuk perilaku yang mengarah kepada hal-hal yang berbau seksu4l, yang dilakukan secara sepihak dan tidak diharapkan oleh lawan jenisnya.

Hal itu dapat menimbulkan reaksi negatif seperti marah dan tersinggung pada diri seseorang yang menjadi korban pelecehan. Mungkin beberapa dari kalian ada yang belum tau kalau perilaku ini termasuk pelecehan seksual lho!.

Contohnya lelucon s3ks yang terus menerus sampai membuat kamu risih, memegang atau menyentuh bagian tertentu secara sengaja.

Kemudian pemerkosa4n, secara berulang meminta seseorang untuk bersosialisasi walaupun orang yang diminta telah mengatakan tidak atau mengindikasikan ketidaktertarikannya.

Memberikan hadiah atau meninggalkan barang-barang yang dapat merujuk pada s3ks, secara berulang menunjukkan perilaku yang mengarah pada hasrat seksual.

Selanjutnya, memberikan komentar yang tidak senonoh kepada penampilan, pakaian atau gaya seseorang. di gangguin di jalanpun itu sudah termasuk pelecehan seksual lho!

Beberapa orang mungkin akan menganggap hal-hal tersebut adalah hal yang biasa tetapi dampak dari pelecehan seksual juga dapat mengganggu psikologis perempuan.

Semakin sering terjadi pelecehan seksu4l, semakin dalam juga dampaknya. Parah tidaknya (halus atau kasar) pelecehan seksu4l dan tindakan tersebut menghina martabat dan integritas seseorang.

Semakin dalam pula luka yang ditimbulkan, misalnya merasa syok dan rasa percaya diri akan menurun.

Merasa tidak nyaman dan tidak aman saat berpergian sendirian, sulit berkonsentrasi, produktivitas dan semangat akan menurun.

Semakin parah gangguan yang dialaminya, semakin tinggi taraf frustasi dan semakin parah kerusakan psikologisnya.

Pelecehan seksual ringan seperti lelucon atau pun tindakan menyentuh yang mengarah seksual di anggap wajar oleh pria dan masalah bagi wanita.

Dalam penelitian Melani (1997) tentang perbedaan persepsi pria dan wanita bekerja tentang tingkah laku pelecehan seksual di tempat kerja, menyatakan bahwa adanya perbedaan pria dan wanita dalam mempersepsikan pelecehan seksu4l pada level 1 dan 2 dengan p-value 0,0001 dan 0,037, yaitu kata-kata dan tingkah laku yang sifatnya merendahkan seseorang berdasarkan jenis kelaminnya.

Bagi pria hal tersebut masih wajar, namun untuk wanita hal itu merupakan masalah karena wanita yang menjadi objek sasarannya.

Berdasarkan Catatan Tahunan (CATAHU) Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan tahun 2016 menyebutkan, kekerasan seksu4l terhadap perempuan dalam ranah personal menduduki peringkat kedua (30%).

Sedangkan pada tahun 2015 dan 2014 kekerasan seksu4l ini berada pada peringkat ketiga (26%).

Bentuk kekerasan seksu4l tertinggi adalah pemerkosaan(72%) dan pencabulan (18%), kemudian disusul pelecehan seksual (5%) dan kekerasan seksual lain (3,5%).

Angka kasus pelecehan seksu4l tersebut merupakan jumlah kasus yang di laporkan. Untuk kasus pelecehan seksu4l yang tidak di laporkan kemungkinan lebih tinggi.

Maka dari itu, yuk untuk kamu para perempuan yang merasa telah dilecehkan, jangan takut-takut untuk lapor ya!. Sebab, di negara kita ini juga banyak loh Undang-Undang dan Pasal Perlindungan Hukum untuk para perempuan. (*)

Penulis: Natasyah Aprillia
Mahasiswi London School of Public Relations