Beranda » Sosmed » Instagram Tutup Akun Yang Tampilkan Komik Gay Indonesia
Instagram Tutup Akun Yang Tampilkan Komik Gay Indonesia
Sosmed

Instagram Tutup Akun Yang Tampilkan Komik Gay Indonesia

JAKARTA – Instagram telah menutup sebuah akun yang sengaja mempublikasikan komik yang ceritanya menggambarkan Muslim gay di Indonesia menyusul reaksi marah publik Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia, Rabu, mengatakan akun dengan nama pengguna Alpatuni ini dinilai menampilkan pornografi, yang merupakan pelanggaran terhadap UU informasi dan transaksi elektronik.

Akun itu ditutup setelah menteri komunikasi dan informatika (menkominfo) menulis surat peringatan kepada Instagram, kata kementerian itu.

Komik itu menggambarkan sejumlah tokoh gay yang menghadapi diskriminasi dan perlakuan semena-mena – sebuah gambaran yang semakin umum di Indonesia sejak akhir 2015 setelah politisi-politisi konservatif dan tokoh-tokoh agama mengambarkan masyarakat LGBT (lesbian, gay, biseksual dan transgender) sebagai ancaman terhadap negara.

Sebuah akun dengan nama sama di Facebook, yang memiliki Instagram, juga tidak bisa lagi diakses.

Kementerian itu mengatakan menghargai masyarakat yang melaporkan keberadaan akun itu sehingga mempercepat proses penutupannya.

Media setempat, yang mengutip pernyataan menkominfo, melaporkan, kementerian itu akan memblokir Instagram di Indonesia jika akun Alpatuni tidak ditutup. [voa]