Instruksi Plt Gubernur, Dinsos Sulsel Gerak Cepat Kirim Bantuan ke lokasi Bencana
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengapresiasi langkah tim Social Care (SC) Dinsos Sulsel dalam membantu masyarakat yang terkena bencana.

MAKASSAR—Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengapresiasi langkah tim Social Care (SC) Dinsos Sulsel dalam membantu masyarakat yang terkena bencana.

“Cuaca yang ekstrim membuat pohon tumbang dan merusak rumah warga. Kami sudah instruksikan Dinsos untuk turun membawakan bantuan. Serta terima kasih kepada Tim Social Care Dinsos Sulsel yang dipimpin Kabid Linjamsos yang telah turun ke lokasi terdampak bencana,” ungkapnya, Senin (5/4/2021).

Ia juga kembali mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa waspada dan berhati-hati dengan cuaca ekstrem yang masih bisa terjadi.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa waspada dan berhati-hati terhadap kemungkinan yang terjadi. Dalam kondisi cuaca saat ini yang ekstrem,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Sulsel, Herman mengatakan, Tim Social Care (SC) Dinsos Sulsel telah berkunjung ke lokasi terdampak angin kencang di Topa, Desa Banrimanurung, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto.

“Teman-teman dari Tagana Jeneponto telah melakukan assesment. Dan kami juga melihat langsung kondisi korban terdampak, Semua atas arahan dari Bapak Plt Gubernur. Di sana ada satu rumah rusak berat, dan satu rumah rusak sedang,” katanya.

Minggu lalu, kata Herman, Dinsos Sulsel pun telah berkunjung membawa bantuan di Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Pangkep. Bantuan itu untuk masyarakat yang terdampak angin puting beliung.

Sementara bencana banjir di Kabupaten Wajo, Dinsos Sulsel terus berkoordinasi dengan kabupaten dan informasi terakhir banjir telah surut. Sementara di Bantaeng, terjadi abrasi di pesisir pantai.

“Kami terus berkoordinasi dengan Dinsos Kabupaten. Alhamdulillah, bantuan sudah disalurkan semua termasuk kepada korban abrasi pantai,” tuturnya.

Plt Gubernur Sulsel telah memberikan pesan agar Dinas Sosial harus hadir dalam setiap kejadian bencana. Masyarakat sangat membutuhkan kehadiran pemerintah.

“Kita diharapkan memiliki kepekaan untuk peduli kepada masyarakat yang menjadi korban bencana, selalu tanggap, siap siaga, dan segera melakukan tindakan yang diperlukan,” kata dia.

Ia menambahkan, pihaknya juga sudah mendistribusikan bantuan logistik ke 24 kabupaten/kota. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pelayanan ke masyarakat ketika ada bencana. Sehingga, kabupaten/kota sudah siap memberikan bantuan.

“Dinas Sosial Sulsel pun siap mengirimkan bantuan ketika kabupaten/kota meminta tambahan bantuan,” tutupnya.

Diketahui, sesuai instruksi langsung dari Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bergerak cepat dalam penanganan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana.

Apalagi dalam beberapa hari terakhir ini, Sulsel dilanda cuaca ekstrim, hujan dan angin kencang di beberapa kabupaten/kota di Sulsel. (*)